Menilik dari usaha-usaha baru yang banyak bermunculan di tahun 2017, memungkinkan banyaknya orang yang berminat untuk ikut berkecimpung di dunia bisnis pada tahun 2018 ini. Bagi seorang pemula, menentukan usaha ataupun bisnis yang paling potensial dan menjanjikan nampaknya masih cukup sulit. Maka, beberapa jenis peluang bisnis dan usaha berikut ini diharapkan dapat membantu Anda yang ingin mengawali karier dalam bidang usaha kecil namun cukup potensial untuk mendapatkan penghasilan yang besar.

 

  • Bisnis Startup

 

Di era digital ini, banyak perusahaan startup mulai bermunculan. Sebut saja Gojek, Tokopedia, Traveloka, Bukalapak, mereka adalah beberapa startup terkenal yang kini sedang digandrungi oleh masyarakat Indonesia. Peluang untuk bisnis startup pada sekarang ini semakin besar, ditambah lagi dengan investor luar negeri yang mulai tertarik dengan peluang usaha ini. Pemerintah pun mendukung peluang startup ini dengan mempelopori gerakan seribu startup di tahun 2020. Jika Anda tertarik untuk mendirikan usaha ini, cukup lihat apa yang kira-kira sedang tren dan dibutuhkan masyarakat dan segera rintislah usaha Anda.

 

  • Bisnis e-Commerce

 

Pengguna internet yang terus bertambah secara signifikan membuat banyak orang mulai berjualan melalui internet sehingga semakin berjamurnya toko online sekarang ini. Bisnis ini sudah menjadi tren sejak tahun 2017 karena telah terbukti memiliki tingkat pertumbuhan yang signifikan sehingga dapat dibilang cukup menjanjikan untuk ditekuni. Bahkan Kementerian Komunikasi dan Informatika memprediksikan di tahun 2019 transaksi peluang usaha ini akan tetap naik hingga mencapai Rp130 triliun.

Selain itu pemerintah juga sudah mendukung peluang usaha ini dengan adanya roadmap e-Commerce dengan menyediakan arah dan panduan strategis untuk mempercepat pelaksanaan Sistem Perdagangan Nasional Berbasis Elektronik untuk periode 2016-2019.

Kelebihan bisnis ini adalah dapat dimulai dengan modal kecil dan dapat dikerjakan di manapun, yang terpenting adalah harus memiliki fasilitas online serta akses internet yang cukup baik. Maka menekuni usaha di bidang online dapat dibilang begitu menyenangkan.

 

  • Bisnis Waralaba/Franchise

 

Ketika Anda ingin memulai usaha akan tetapi tidak memiliki ide dan pengalaman, maka bisnis waralaba/franchise bisa menjadi solusi bagi Anda. Anda tidak perlu pusing dengan konsep bisnis yang akan dijalankan. Anda hanya tinggal menjalankan bisnis sesuai kemampuan modal dengan tetap bernaung dibawah merek perusahaan waralaba yang Anda pilih.

Bisa dikatakan ini adalah bisnis yang paling cocok untuk pemula dikarenakan dalam menjalankan bisnis franchise ini Anda akan dibantu oleh pemilik franchise mulai dari training hingga tahap prosesnya. Bisnis ini juga termasuk bisnis yang cukup menjanjikan di zaman sekarang, mengingat semakin banyaknya usaha franchise yang tersebar dimana-mana.

 

  • Industri Kreatif

 

Jika Anda memiliki hobi atau ide-ide menarik, maka cobalah berbisnis di bidang industri kreatif. Bisnis industri kreatif merupakan bisnis yang menuntut seseorang untuk memiliki kemampuan khusus dan terampil di bidang tertentu, seperti mendesain gambar, desain grafis, daur ulang, membuat handmade, ataupun menciptakan menu atau olahan makanan dan minuman baru dan unik. Banyak orang yang mengawali bisnis ini hanya sebagai bisnis sampingan, namun karena telah merasakan potensinya, maka tidak jarang yang menjadikannya sebagai pekerjaan utama pada akhirnya.

 

  • Be a Youtuber

 

Kini, youtube merupakan aplikasi yang sudah sangat familiar di kalangan semua usia. Berbagai informasi yang disajikan melalui video semakin menarik untuk dinikmati kebanyakan orang saat ini. Oleh karena itu, banyak pula yang menjadikan fenomena ini sebagai peluang bisnis yang berpotensi.

Banyak yang mengawali bisnis sebagai youtuber dari hobi iseng-iseng meng-upload video ke youtube dan ternyata banyak orang yang menyukainya hingga tercetuslah untuk menjadikan hobi ini menjadi peluang bisnis.

Bagaimana caranya youtuber mendapatkan uang? Semakin banyak yang menonton video yang di-upload-nya maka semakin banyak uang yang akan ia peroleh. Uang tersebut berasal dari iklan yang muncul jika penonton menekan tombol klik. Sekarang, kegiatan ini semakin banyak diminati. Banyak youtuber yang bermunculan dan tidak sedikit yang berhasil meraup penghasilan yang besar dari kegiatan ini.

Sekarang, cobalah tentukan apa bidang bisnis yang membuat kamu tertarik untuk menjalankannya dan mulailah berbisnis di tahun 2018 ini. Wish you luck!