Pendanaan merupakan hal yang krusial dalam menjalankan bisnis. Dapat dikatakan sebuah bisnis akan lancar jika pendanaan atau pembiayaan bisnis tersebut juga berjalan lancar. Permasalahan yang terkadang muncul dikalangan pebisnis startup adalah mereka membutuhkan pendanaan, tetapi belum mengetahui cara untuk mendapatkannya. Memang tidak akan mudah untuk mendapatkan investor yang sesuai dengan usaha yang Anda jalani, namun sebagai pebisnis, Anda tidak boleh menyerah dan harus terus berusaha jika Anda ingin bisnis yang Anda jalani sukses dan terus berjalan. Berikut ini 6 tips yang dapat membantu agar bisnis startup Anda mendapatkan pendanaan.

  1. Founder, kunci utama startup mendapatkan investasi. Seorang pendiri merupakan faktor pertimbangan utama bagi investor dalam memberikan pendanaan. Founder dituntut untuk memiliki kemampuan dalam menjawab masalah pasar dan masalah internal di perusahaannya. Ia diharapkan dapat mengeksekusi ide-ide besar agar dapat menjadi kenyataan. Setelah melihat profil dan kapasitas Founder, barulah investor mempertimbangkan produk, model bisnis dan pasar yang ditargetkan startup tersebut.
  2. Melakukan riset investor yang potensial untuk memberikan investasi. Alangkah baiknya, saat Anda merencanakan bisnis, Anda juga melakukan riset mengenai investor yang tepat sesuai dengan usaha yang Anda jalani dan mau memberikan pendanaan bagi usaha Anda tersebut. Meski kemungkinan pendanaan masih dalam perjalanan yang panjang, tetapi setidaknya Anda sudah memiliki jaringan investor-investor yang berpotensi.
  3. Jangan meniru bisnis orang lain. Carilah ide yang original, kreatif dan menarik. Jangan meniru startup yang sudah sukses. Dengan begitu startup Anda akan memiliki ciri khas tertentu yang akan membuat investor tertarik dengan bisnis yang Anda jalani.
  4. Buktikan potensi bisnis yang Anda jalani. Potensi pasar merupakan salah satu hal yang diperhatikan investor. Bagaimana Anda sebagai pebisnis dalam berperilaku dan bertindak itu sangat penting. Selain itu, startup yang siap untuk diberikan pendanaan adalah startup yang memiliki tim, teknologi, kesempatan pasar, pesaing, track record, cast flow dan potensi. Ingat, orang memberikan pendanaan ke orang lain dengan harapan uangnya tersebut dikembalikan.
  5. Membuat presentasi dan pitching mengenai bisnis Anda. Menyiapkan presentasi dan pitching kepada investor juga termasuk hal penting jika ingin startup Anda mendapatkan pendanaan. Ketika Anda sedang bersiap pitching ke seorang investor, pastikan Anda sudah menyiapkan cerita seluk-beluk perjalanan bisnis dan dana yang dibutuhkan. Jelaskan pula peluang apa yang dapat Anda maksimalkan dan bagaimana peluang bisnis Anda untuk melakukan bisnis di masa depan. Selain itu, statistik tentang apa yang telah Anda capai sejauh ini dan apa yang diharapkan dari bisnis startup tersebut di kemudian hari juga perlu disampaikan. Ini bertujuan agar investor memahami bahwa Anda memiliki potensi dalam bisnis yang dijalankan.
  6. Bergabung dengan komunitas startup lokal. Banyak komunitas dan kelompok startup yang terbentuk dan tersebar di berbagai daerah. Jangan ragu untuk bergabung ke dalamnya, karena banyak juga investor yang berniat untuk mendanai startup mencari bibit atau potensi bisnis dari komunitas ini.