Perkembangan perusahaan startup di Indonesia akhir-akhir ini mendorong tersedianya kebutuhan ruang kerja yang fleksibel, efisien dan kondusif. Berkenaan dengan hal ini, maka membuka peluang bisnis lain dalam penyediaan kebutuhan ruang kerja tersebut yang biasa disebut dengan coworking space. Lalu, apa itu coworking space?

Coworking space secara harfiah adalah ruang kerja bersama. Coworking space berarti tempat dimana para individu dengan latar belakang pekerjaan yang berbeda-beda berbagi ruang untuk bekerja. Jadi, tidak seperti kantor pada umumnya, orang-orang yang bekerja di coworking space datang dari latar belakang usaha yang berbeda-beda.

Konsep dan desain coworking space
Berasal dari definisi coworking itu sendiri, yang berarti kerja sama atau kolaborasi, maka konsep yang ditawarkan coworking space adalah konsep open space atau transparancy, sehingga membuat siapa saja yang bekerja di dalamnya dapat lebih aktif berinteraksi. Untuk  masalah desain, desain yang ditawarkan setiap coworking space berbeda-beda sesuai dengan ciri khas setiap coworking space tersebut. Ada yang menyediakan ruang-ruang kecil tersendiri yang disewakan bagi satu perusahaan atau sekelompok pekerja, atau ada pula yang hanya menyediakan ruangan dengan konsep terbuka tanpa ruangan-ruangan sehingga seluruh pekerja berkumpul dalam satu ruangan utama.

Namun, di luar dari konsep dan desain yang ditawarkan coworking space, keuntungan utama yang ditawarkan oleh coworking space adalah tidak hanya bekerja, tetapi juga memberikan kesempatan bagi para penggiat startup untuk berinteraksi dan berkolaborasi dengan para penggiat lainnya.

Mengapa bekerja di coworking space bisa memberikan kesempatan untuk berkolaborasi dan bekerjasama?
Saat bekerja di sebuah coworking space, sangat besar kemungkinan bagi Anda untuk menemui dan berinteraksi dengan banyak orang dari latar belakang usaha yang berbeda-beda. Semakin Anda berinteraksi dengan orang banyak, maka Anda dapat menambah jaringan yang bisa saja memberikan dampak positif bagi bisnis startup yang Anda jalani. Tentunya ini adalah kesempatan bagi Anda untuk memperluas relasi bisnis menjadi lebih banyak. Selain itu, Anda juga dapat memperkenalkan produk startup Anda dengan penggiat lainnya. Semakin banyak orang yang mengetahui bisnis startup Anda, maka kemungkinan untuk berkolaborasi dengan startup lain yang sesuai dengan usaha Anda akan semakin besar.  

Bekerja di coworking space sama dengan Anda memiliki sebuah komunitas tertentu. Oleh karena itu, Anda juga memiliki kesempatan untuk membangun networking dengan para investor. Karena tidak menutup kemungkinan, orang-orang yang berniat untuk memberikan investasi kepada penggiat startup mencari bibit atau potensi startup dari coworking space yang sudah dikenalnya.

Coworking space bergengsi di Jakarta Selatan
Contoh coworking space yang memiliki tempat strategis di daerah Jakarta Selatan adalah “Uniqorn”. Dengan posisinya di 18 Office Park, Jl. TB. Simatupang No.18, Jakarta Selatan, DKI Jakarta, coworking space ini menawarkan fasilitas lengkap dengan ruangan kantor yang cozy.