Sejalan dengan maraknya bisnis startup akhir-akhir ini, membuat coworking space semakin menjamur dimana-mana. Istilah coworking space saat ini menjadi salah satu ungkapan yang sudah tidak asing lagi di kalangan penggiat startup. Di coworking space, para penggiat startup dapat melakukan aktivitas bekerjanya tanpa perlu memikirkan biaya operasional yang membengkak. Bahkan, coworking space juga dapat membantu menyukseskan bisnis startup Anda. Mengapa bisa demikian? Karena, inilah 4 keuntungan yang akan Anda dapatkan jika bekerja di coworking space.

  1. Biaya yang sangat terjangkau
  2. Konsep ruang kerja bersama ini pada umumnya menggunakan prinsip economy sharing sehingga harga sewa yang dipatok tentunya akan jauh lebih murah daripada harga sewa ruko atau kantor konvensional. Di coworking space, biaya yang Anda keluarkan sesuai dengan kebutuhan, misalnya dalam bekerja Anda hanya membutuhkan 2-3 meja, atau bahkan hanya membutuhkan 1 meja, maka biaya sewa yang dikenakan hanyalah sejumlah meja yang Anda gunakan. Jadi, Anda tidak perlu menyewa satu ruangan penuh.

    Selain itu, dengan menyewa coworking space, Anda sudah bisa menikmati semua fasilitas yang disediakan oleh coworking space tersebut, mulai dari akses ke jaringan internet, peralatan kantor yang lengkap, seperti printer, slide proyektor, mesin fax dan lain sebagainya, hingga ke hal-hal kecil seperti air, kopi, dan lain sebagainya. Hal ini tentunya akan membuat biaya yang Anda keluarkan menjadi lebih hemat.

  3. Networking
  4. Tidak hanya bekerja, tetapi juga memberikan kesempatan untuk berinteraksi dengan para penggiat startup lainnya. Inilah keutamaan yang ditawarkan oleh sebuah coworking space. Bekerja di coworking space, membuka peluang bagi Anda membangun jaringan atau networking dengan penggiat lainnya semakin besar. Kemungkinan yang terjadi saat Anda berinteraksi dengan orang lain adalah Anda dapat menambah jaringan yang bisa saja memberikan dampak positif pada bisnis startup yang Anda jalani.

    Hal ini juga dapat menjadi kesempatan bagi Anda untuk berdiskusi dan bertukar pikiran dengan para penggiat lainnya, sehingga masalah-masalah yang tengah startup Anda hadapi dapat terselesaikan, bahkan bisa juga sampai menciptakan kolaborasi-kolaborasi baru dengan para penggiat startup lainnya.

  5. Lingkungan kerja yang cozy, namun tetap kondusif
  6. Suasana di coworking space akan sangat berbeda dengan suasana pada kantor konvensional yang identik dengan formal, alias kaku. Karena coworking space justru menawarkan suasana kerja yang cozy dan memiliki kesan homey. Selain itu, bekerja di coworking space juga tidak terikat waktu karena Anda dapat datang dan pulang sesuai dengan keinginan Anda.

    Walaupun menawarkan suasana yang cozy, namun coworking space tetap memiliki lingkungan kerja yang kondusif karena Anda akan tetap mendapatkan sebuah atmosfer bekerja layaknya di sebuah kantor. Atmosfer kerja yang positif dan keberadaan penggiat startup lainnya dapat memberikan mood bekerja yang lebih tinggi, yang akan berimbas pada peningkatan produktivitas Anda.

  7. Ikut community event yang diselenggarakan oleh coworking space
  8. Manajemen coworking space biasanya akan menyelenggarakan acara yang mengundang seluruh klien atau community event pada waktu-waktu tertentu. Dalam acara tersebut akan ada materi-materi baru dalam dunia bisnis startup yang dapat dipelajari oleh seluruh penggiat yang hadir. Acara ini tentunya dapat juga menjadi ajang sosialisasi untuk produk startup yang Anda miliki. Semakin banyak orang yang mengetahui tentang produk startup Anda, maka akan semakin besar pula kemungkinan startup Anda menjaring para pengguna baru.