Jalan yang ditempuh setiap orang untuk meraih kesuksesan berbeda-beda. Tentu saja salah satunya adalah dengan berwirausaha. Akhir-akhir ini fenomena pengusaha muda tengah menjamur di Indonesia. Permasalahannya, terkadang menjalankan suatu bisnis bagi pemula tidak semudah yang dibayangkan. Tapi sebenarnya, semua orang bisa kok menjadi pengusaha jika mau mencoba dan bekerja keras. Berikut ini, beberapa tips jitu untuk Kamu yang ingin merintis usaha di tahun ini.

  1. Fokus pada satu peluang bisnis
  2. Ini adalah hal utama yang harus dilakukan oleh pemula bisnis. Kamu yang baru dalam dunia bisnis biasanya mudah tergoda untuk mengambil kesempatan-kesempatan yang ada. Oleh karena itu, jaga fokusmu agar tidak bercabang. Jangan merintis bisnis lebih dari satu usaha sekaligus saat Kamu baru memulai, karena ini akan menyedot produktivitas dan efektivitas Kamu. Jadi, lebih baik fokus terlebih dahulu dengan satu bisnis Kamu. Ini akan lebih memudahkan Kamu untuk menuangkan ide dan pikiran agar bisnis menjadi lebih terarah.

  3. Menentukan target pasar
  4. Tentu saja untuk setiap bisnis, pasti memiliki berbeda-beda sasaran pelanggannya. Kamu membutuhkan target pasar agar kamu memiliki acuan untuk merancang strategi pasar. Tentukanlah target pasar Kamu secara spesifik. Penentuan target pasar ini bisa berdasarkan umur, jenis kelamin, pekerjaan, pendapatan, ataupun gaya hidup. Dengan pasar yang tertarget, Kamu tidak akan kesulitan untuk menjual produkmu.

  5. Kuasai segalanya tentang bisnismu
  6. Bagi pebisnis pemula pastinya akan sulit untuk mendapatkan modal. Akan tetapi, kesempatan dapat datang kapan dan darimana saja, maka kuasai semua hal mengenai bisnis yang Kamu jalankan. Saat kesempatan bagimu datang, jelaskan bisnismu secara lugas dan ringkas. Tunjukkan bahwa konsep bisnismu adalah yang terbaik. Yakinkanlah calon investor bahwa ia akan menaruh uangnya di tangan yang tepat.

  7. Melakukan networking
  8. Networking sangatlah penting bagi Kamu yang baru memulai usaha. Bagi pebisnis pemula yang tidak memiliki modal banyak, maka akan membutuhkan bantuan modal. Maka dengan networking yang kamu miliki, kesempatan Kamu untuk mendapatkan modal tambahan menjadi lebih besar. Selain itu, semakin banyak networking yang Kamu miliki, maka semakin mudahkan untuk memasarkan/mengiklankan produk yang Kamu tawarkan.

  9. Less talk do more
  10. Untuk memulai bisnis, yang terpenting adalah action! Jalankan bisnis Kamu yang sudah Kamu rancang. Kebanyakan bagi pemula, mereka memiliki ide yang banyak akan tetapi tidak dapat mengeksekusi ide-idenya tersebut. Jadi, katakan hal yang mampu Kamu lakukan, jangan terlalu banyak bicara tapi nyatanya Kamu tidak berbuat apa-apa. Buktikanlah lewat tindakan dan orang akan lebih dapat menilai hasil kerja kerasmu.

  11. Belajar dari kesalahan dan kegagalan
  12. Tentunya dalam menjalankan bisnis Kamu akan menemui banyak kesalahan dan kegagalan. Akan tetapi, jangan langsung menjadikan Kamu patah semangat. Jadikanlah kesalahan dan kegagalanmu pembelajaran agar Kamu tidak lagi mengulanginya di kemudian hari. Catat semua kesalahanmu dan belajarlah dari situ. Jika Kamu ingin maju, maka Kamu juga harus siap menghadapi kegagalan. Tentunya kamu akan menjadi pengusaha yang baik jika sudah ditempa di dunia usaha yang nyata.

  13. Belajar pada ahlinya
  14. Dalam berbisnis, sangatlah penting untuk bersikap terbuka pada pandangan dan pemikiran orang lain. Sebagai pemula, Kamu akan membutuhkan saran dan kritik dari orang-orang yang sudah terlebih dahulu menyelami dunia bisnis. Pengalaman yang mereka dapat juga akan membantu Kamu dalam menjalankan bisnismu. Maka bergaulah dengan orang-orang yang tepat dan lebih paham. Temukan orang-orang sukses yang berwawasan sama dan bisa menjadi rekan bisnismu dalam jangka panjang.

  15. Selalu berinovasi
  16. Terjun ke dunia bisnis, membutuhkan Kamu sebagai orang yang harus terus berinovasi. Perkembangan zaman akan terus berjalan. Fashion dan selera orang akan berubah dari waktu ke waktu. Jadi, jika kamu ingin bisnismu terus digemari, teruslah berinovasi. Tentunya inovasi ini harus disesuaikan dengan target pasar yang Kamu tentukan.

  17. Hemat! Prihatinlah dengan keuanganmu
  18. Kesampingkan dulu hasrat Kamu untuk membeli ini itu pada saat Kamu baru memulai usaha. Kamu tidak perlu langsung memikirkan kantor atau tempat usaha dan membeli barang-barang yang belum Kamu butuhkan. Ingat, isi dompetmu adalah napas bisnismu. Oleh karena itu, kelola keuanganmu dengan efektif.

  19. Jagalah kesehatan
  20. Menjaga kesehatan juga termasuk penting untuk menjalankan bisnismu. Kamu membutuhkan tubuh yang sehat agar Kamu dapat mengembangkan bisnismu sesuai dengan impianmu. Jelas akan lebih produktif dalam menjalankan usaha jika tubuhmu dalam keadaan sehat. Atur pola makan, berolahraga teratur dan sempatkan waktu untuk beristirahat dari pekerjaan.

  21. Tahu kapan harus berhenti berusaha
  22. Dalam menjalankan bisnis Kamu juga harus berpikir realistis. Saat gagasan dan usahamu memang tidak membuahkan hasil, Kamu mesti tahu kapan Kamu harus berhenti. Berhenti berusaha bukan berarti menyerah. Terkadang ada hal yang memaksamu untuk berhenti karena jika tidak Kamu akan semakin terpuruk. Kegagalan memang pahit. Tetapi itulah yang membuat Kamu menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Belajar terus dari kegagalanmu dan jangan takut untuk mencoba merintis ulang usaha baru lainnya.

  23. Berdoa dan percaya pada yang Maha Kuasa
  24. Selain kesehatan jasmani, Kamu juga membutuhkan kesehatan rohani untuk menghindari stress. Berdoalah agar usaha yang Kamu jalankan terus berkembang dan apa yang Kamu inginkan dapat tercapai. Setelah berusaha dan berdoa, percayakan pada yang Maha Kuasa. Dia lebih tahu apa yang terbaik untuk Kamu. Ingat, Kamu tidak akan pernah sendiri. Berdoa dan percaya pada yang Maha Kuasa akan membuat Kamu lebih mudah untuk menjalankan semua usahamu.

Tidak ada yang tidak mungkin selama Kamu terus bermimpi dan berusaha. Dari sekarang, jangan takut untuk memulai bisnismu. Terus belajar dan ambil peluangmu!