Kantor murah bukan berarti kondisinya tidak bonafide. Temukan tips untuk menemu kantor yang sesuai anggaran.

Memiliki sebuah kantor yang memadai adalah investasi yang harus dilakukan oleh setiap perusahaan. Selain untuk mewadahi aktivitas kerja para karyawan, sebuah kantor juga menjadi basis perusahaan untuk melakukan banyak hal—dari mulai persyaratan untuk mendapatkan surat perizinan, hingga sebagai wajah perusahaan saat berhubungan dengan rekanan.

Sebagai sebuah startup atau perusahaan yang baru saja dirintis, tentu memiliki kantor adalah sebuah tantangan yang cukup besar. Berkaitan dengan besaran modal dan perputaran keuntungan yang belum stabil, menggunakan menyewa ruang atau gedung kantor murah bisa jadi pilihan sementara.

Namun, apakah tips agar Anda bisa memiliki kantor yang bonafide tanpa harus mengeluarkan biaya yang tinggi? Berikut adalah hal yang perlu Anda lakukan.

  1. Realistis Terhadap Anggaran
  2. Diskusikan bersama sesama rekan kerja, berapa anggaran yang Anda miliki untuk membeli atau menyewa kantor. Jika Anda menyewa, pilih jangka waktu sewa dengan harga yang sesuai. Misalnya saja, jangan memilih untuk menyewa kantor yang harga sewanya mahal tetapi anggaran Anda hanya bisa sanggup membayar untuk satu tahun pertama.

  3. Pilih Lokasi yang Sesuai
  4. Beberapa daerah menerapkan sistem zonasi untuk perkantoran dan perusahaan. Ini berarti, perizinan akan lebih mudah Anda dapatkan jika tempat yang Anda sewa sesuai dengan kegunaan awalnya. Menyewa sebuah rumah sering kali menjadi pilihan karena harga yang lebih murah, namun peningkatan reputasi perusahaan bisa saja terhambat.

    Jika karyawan Anda adalah pekerja yang membutuhkan ketenangan, hindari juga kantor yang berada di pusat keramaian seperti sekolah atau pasar. Selain itu, luas kantor juga harus disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Jangan sampai, Anda membuang uang untuk menyewa kantor besar yang hanya dihuni karyawan yang sedikit. 

  5. Cek Ulang Kondisi Bangunan
  6. Kantor murah bukan berarti Anda menerima kantor dengan kondisi seadanya. Kesehatan dan kebersihan bangunan penting untuk Anda perhatikan. Ruang kantor, bagian pantry, dan kamar mandi harus terawat dengan baik. Bangunan baru pun akan terlihat kumuh jika kebersihannya tidak terjaga. Pastikan pengelola memerhatikan hal ini.

    Anda bisa melakukan sedikit renovasi seperti pengecatan ulang agar kantor terasa lebih segar. Berikan sentuhan dekorasi untuk interior kantor agar terasa lebih nyaman bagi para karyawan serta tamu atau klien yang mungkin datang. Personalisasi kantor juga akan memberikan kesan profesional serta stabilitas yang baik.

  7. Lihat Kemungkinan Melakukan Branding
  8. Tidak semua pengelola gedung atau pemilik ruang kantor murah fmembolehkan pemasangan branding berupa spanduk atau neon box, padahal hal tersebut penting sebagai identitas perusahaan Anda. Sebelum melakukan perjanjian sewa, coba diskusikan terlebih dahulu mengenai hal ini.

  9. Survei  Fasilitas yang Ada di Sekitar
  10. Dalam menjalankan perusahaan, Anda mungkin akan membutuhkan fasilitas seperti ATM, bank, kantor pos, rumah makan, dan rumah sakit. Jarak yang tidak terlalu jauh dengan fasilitas-fasilitas umum tersebut akan memberikan keuntungan tersendiri bagi kantor dan karyawan Anda.

Anda Bebas Berkembang Kapan Saja Anda Siap

Ingat, bahkan perusahaan sekelas Google pun dimulai dari kantor yang sederhana. Sebaiknya, jangan tergesa-gesa memiliki kantor yang mewah namun di luar kemampuan anggaran. Dengan menyewa kantor murah, Anda bisa pindah kapan saja Anda siap—sesuai dengan perkembangan perusahaan Anda.

Menggunakan virtual office atau co-working space memang memberikan kenyamanan dan keleluasan bekerja bagi para karyawan di awal perjalanan perusahaan. Namun, menyewa kantor sendiri mungkin bisa menjadi langkah maju yang akan membawa kesuksesan bagi perusahaan Anda. Siapa tahu, dalam beberapa tahun ke depan, Anda akan membeli gedung kantor sendiri?