Ketahui pentingnya team building bagi keberhasilan kinerja di perusahaan Anda.

Sejatinya, sebuah tim di dalam perusahaan terdiri dari orang-orang yang memiliki sifat, prinsip, serta latar belakang yang berbeda. Dalam melakukan pekerjaan bersama, perbedaan pendapat dan gesekan sangat mungkin terjadi. Untuk menghindarinya, perusahaan perlu memfasilitasi para karyawan dengan kegiatan yang menunjang team building.

Apa Esensi dari Team building?

Perusahaan besar sering kali menyediakan waktu setidaknya satu kali dalam setahun untuk kegiatan yang berkaitan dengan team building. Biasanya, kegiatan ini dilakukan di luar kantor dan terorganisir dengan baik. Jenis kegiatan pun dibuat menyenangkan sekaligus bisa mempererat hubungan antar karyawan.

Kegiatan team building menjadi suatu agenda out-of-routine yang bisa mendekatkan para karyawan di luar kaitan pekerjaan yang mereka lakukan. Banyak hal baru yang bisa dialami, dari mulai melihat rekan kerja tanpa pakaian kantor hingga sifat sehari-hari mereka yang jarang ditunjukkan.

Walaupun terlihat sederhana, sebenarnya team building ini memiliki banyak manfaat. Rangkaian kegiatan dan permainan dirancang sedemikian rupa untuk bisa mempererat kerja sama antar karyawan, serta membangun tim yang lebih solid lagi. Inilah beberapa di antara manfaatnya:

  1. Menyegarkan Semangat Kerja
  2. Mengadakan kegiatan team building bisa memberikan para karyawan wadah untuk refreshing serta menghilangkan kejenuhan dalam bekerja. Kegiatan yang biasanya dilakukan di luar kantor ini memulihkan keadaan mental para karyawan yang sebelumnya mungkin tidak bersemangat atau tidak termotivasi.

  3. Memberikan Motivasi
  4. Dalam rangkaian kegiatan, Anda bisa menyelipkan sambutan yang memotivasi para karyawan. Cara lain untuk memberikan motivasi kerja adalah dengan kegiatan sharing antar karyawan dan anggota tim.

  5. Meningkatkan Kesetiaan pada Perusahaan
  6. Memberikan kegiatan team building yang menyenangkan membuat karyawan merasa dihargai dan diperhatikan. Hal ini sebaliknya akan meningkatkan kesetiaan mereka terhadap perusahaan.

  7. Belajar Memecahkan Masalah Bersama
  8. Banyak jenis kegiatan team building melibatkan kerja sama dan pemecahan masalah. Di sini, Anda bisa melihat kelebihan dan kekurangan setiap personil, sebagai bahan pertimbangan pembagian tugas di kantor nantinya.

  9. Olah Fisik Sambil Belajar
  10. Banyak pengalaman baru yang akan didapatkan para karyawan dari kegiatan team building. Mental dan fisik mereka akan tertantang untuk menyelesaikan tugas yang diberikan oleh fasilitator team building.

Bagi perusahaan, team building juga bisa membantu untuk melihat potensi kepemimpinan dan kualitas kerja para karyawan. Di sini, bagian personalia harus melakukan observasi dari dekat sambil beraktivitas bersama karyawan dalam kegiatan team building.

Manfaatnya dalam Jangka Waktu Tertentu

Team building memberikan manfaat dalam jangka waktu panjang dan pendek. Sesaat setelah pulang dari kegiatan team building, biasanya tenaga para karyawan menjadi lebih segar dan produktivitas kerja meningkat. Suasana di kantor pun akan lebih menyenangkan karena selama beberapa minggu ke depan, para karyawan masih akan membahas serunya kegiatan yang sudah berlalu.

Dalam jangka waktu panjang, team building memberikan manfaat berikut untuk tim Anda:

  1. Para karyawan lebih mengenal satu sama lain sehingga komunikasi bisa dilakukan dengan lebih efektif
  2. Karyawan bisa saling membantu karena sudah mengetahui kelebihan dan kekurangan masing-masing
  3. Karena pernah menyelesaikan tugas bersama saat team building, rasa percaya diri tim meningkat
  4. Kerja sama tim tidak mudah terganggu oleh hal kecil

Kinerja karyawan dan tim yang solid adalah aset perusahaan. Adanya kegiatan team building bisa mewujudkan hal-hal tersebut. Pilihlah fasilitator yang berpengalaman, serta pastikan acara dan kegiatan dirancang dengan matang untuk memberikan manfaat bagi para karyawan serta perusahaan Anda.