Sebelum memulai bisnis ada beberapa hal yang harus dipahami mulai dari permodalan, pembentukan tim, hingga mengetahui target pasar.

Dalam beberapa tahun terakhir, tren menciptakan bisnis sendiri atau startup banyak dilakukan oleh masyarakat. Bisnis ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan mendulang keuntungan sebanyak-banyaknya. Dengan berbisnis, seseorang atau mungkin Anda berharap bisa sukses dalam waktu singkat.

Meski bisnis bisa dilakukan oleh siapa saja mulai dari bisnis kecil-kecilan hingga online, tidak semuanya berjalan dengan lancar. Bisnis bukan sekadar memiliki modal, membuat produk, memasarkan, lalu dapat untung. Ada banyak hal dari dunia bisnis yang harus dipahami oleh siapa saja yang baru memulai atau mereka yang ingin melakukannya.

Kalau Anda berniat mulai bisnis kecil-kecilan atau besar dalam waktu dekat, coba pahami beberapa hal di bawah ini.

1. Pahami Pasar dan Kebutuhan Masyarakat

Sebagian besar masyarakat memulai bisnis dengan meniru bisnis yang sudah ada dengan perbedaan skala atau target pasar. Anda bisa meniru bisnis yang sudah ada, tapi akan lebih baik lagi kalau memiliki ide baru yang lebih orisinal sehingga pesaingnya sedikit atau tidak ada sama sekali.

Selanjutnya pahami kebutuhan masyarakat dengan baik. Belum tentu ide brilian yang Anda miliki cocok dengan pasar yang sedang ditargetkan. Lakukan riset dengan baik agar bisa menjembatani ide, kebutuhan masyarakat, target pasar, dan eksekusi dari produk yang dihasilkan nantinya.

2. Menyiapkan Dana untuk Membangun Bisnis

Memulai bisnis dengan skala besar tentu butuh dana yang tidak sedikit. Kalau Anda tidak memiliki banyak modal, yang bisa Anda lakukan adalah membuat proposal yang baik untuk mencari investor. Buat ide bisnis sebaik mungkin dan detail sehingga diminati oleh pemilih modal.

Kalau Anda hanya memiliki modal yang tidak banyak dan tidak ingin berurusan dahulu dengan pemilik modal, pilih jenis bisnis yang benar. Tidak semau bisnis membutuhkan banyak dana dan kantor. Anda masih bisa memiliki tim yang tepat dan bekerja di coworking space.

3. Membangun Tim yang Sesuai Visi dan Misi

Kalau berbagai ide bisnis sudah dibuat, modal dimiliki, dan Anda siap memulainya, pastikan memilih tim yang benar. Anda harus menyeleksinya sendiri sesuai dengan visi dan misi. Pilih tim kecil dahulu yang bisa bekerja dengan maksimal dan membesarkan bisnis atau usaha yang sedang dibangun.

4. Mengetahui Permasalahan dari Awal

Ketika memulai bisnis, yang harus Anda pikirkan bukan hanya masalah untung yang akan didapatkan dalam jangka waktu tertentu. Pikirkan juga apa yang menjadi masalah atau kesulitan dari perusahaan terkait dengan produk, promosi, dan persaingan.

Sebelum memulai bisnis, coba cari tahu dahulu penyelesaian dari masalah yang akan dihadapi. Meski di masa depan tidak ada masalah yang muncul, Anda tetap harus melakukan analisa masalah. Dengan terus melakukan hal ini, Anda sudah siap siaga kalau hal tidak diinginkan muncul.

5. Konsumen adalah Segalanya

Konsumen adalah segalanya dalam memulai bisnis. Kalau Anda tidak bisa membuat relasi yang baik dengan mereka, bisnis akan sering mandek. Anda akan susah melakukan penetrasi produk baru ke masyarakat karena mereka tidak memiliki ikatan yang kuat yang bisanya berbentuk rasa percaya.

Kritik dan saran dari konsumen adalah bentuk rasa cinta dari mereka. Kita memang tidak bisa secara mentah-mentah menelannya. Namun, mengakomodasi saran dan kritis bisa membuat Anda dan perusahaan terus maju dan bertahan. Kalau Anda cuek dengan konsumen, rasa percaya mereka akan menurun begitu pun kredibilitas dari perusahaan.

Inilah lima hal yang wajib Anda pahami sebelum memulai bisnis. Bangun bisnis hati-hati agar berhasil dan terus berkembang, ya!