Branding usaha menjadi kunci penting dalam berbisnis. Ketahui bagaimana branding mampu memengaruhi kesetiaan konsumen.

Dalam menjalankan bisnis, memiliki produk berkualitas belum cukup untuk menarik minat calon pembeli. Anda membutuhkan branding usaha sebagai solusi menjaring lebih banyak pelanggan. Selain itu, brand juga membantu meningkatkan reputasi bisnis, investasi, dan loyalitas konsumen.

Jadi, apa yang dimaksud branding usaha? Bagaimana brand memengaruhi loyalitas konsumen? Berikut penjelasannya.

Apa Itu Branding Usaha?
Istilah branding diambil dari kata brand yang bermakna merek. Kata brand, bisa juga diartikan sebagai bentuk visual sebuah bisnis di mata masyarakat. Dengan brand, calon konsumen dapat mengenal dan memahami merek usaha.

Proses pengenalan dan pemahaman brand kepada konsumen memerlukan branding. Dalam makna Bahasa Indonesia, branding berarti  aktivitas untuk memberikan nama, simbol, tanda, desain, atau perpaduan seluruhnya untuk identitas usaha. Identitas perlu dimiliki oleh suatu bisnis agar konsumen bisa membedakan dengan pesaing Anda.

Anda dan pesaing mungkin memiliki produk sama, tetapi branding bisa memberikan nilai lebih. Tidak hanya itu, branding juga meningkatkan toleransi konsumen terhadap produk perusahaan. Dengan demikian, mereka tidak mudah berpaling ke brand lain.

Branding Usaha Pengaruhi Loyalitas Konsumen
Konsumen dikatakan loyal jika melakukan pembelian berulang, menyampaikan produk serupa kepada orang lain, dan mempertimbangkan tawaran dari brand lain. Lantas, bagaimana branding usaha bisa menguatkan loyalitas konsumen terhadap perusahaan Anda? Berikut faktor-faktor pendukungnya.

  • Kemampuan dalam Menyampaikan Produk
  • Merek usaha yang Anda buat mungkin memiliki daya tarik tersendiri. Namun, cara menyampaikan brand kepada konsumen memengaruhi minatnya. Ketika Anda bisa membawakan merek dengan baik, konsumen lebih cepat mengenali produk. Semakin mereka memahami produk, loyalitasnya pun meningkat.

  • Kemampuan Memenuhi Keinginan Konsumen
  • Keinginan atau istilahnya desirability, diartikan sebagai kemampuan suatu usaha dalam menciptakan brand produk sesuai kehendak sasaran pembeli. Untuk memaksimalkan desirability, Anda membutuhkan pemahaman tentang sudut pandang konsumen. Dengan memiliki desirability mumpuni, kepuasan pelanggan selalu terpenuhi.

  • Autentik dan Unik
  • Branding bisnis membutuhkan brand autentik dan unik. Autentik berarti brand memiliki kualitas unggul, jujur, dan tepercaya. Unik; artinya brand berbeda dengan identitas usaha pesaing. Jika semua itu dapat dibentuk secara sempurna, Anda dapat mendorong loyalitas pelanggan melalui narasi yang menarik.

  • Program Loyalitas
  • Branding bisnis yang dibarengi dengan program loyalitas, mampu meningkatkan kesetiaan pelanggan. Pasalnya, para pelanggan tidak hanya tertarik pada brand, tetapi juga menginginkan hal baru dari produk tersebut. Mungkin, Anda bisa membuat program loyalitas melalui poin, tier, atau diskon.

Cara Menguatkan Branding Usaha
Seberapa pun besarnya upaya branding yang Anda lakukan, hal itu tidak menyurutkan kemunculan pesaing baru. Agar branding bisnis semakin kuat, berikut tips-tipsnya.

  • Menjual brand. Jika ada lebih dari satu produk dengan tawaran kualitas yang sama, sebagian besar konsumen cenderung memilih merek terkenal. Karena itu, Anda harus promosikan brand, bukan produknya.
  • Mewakili karakteristik bisnis. Pastikan memahami karakteristik bisnis yang sedang dijalankan secara mendalam. Melalui pemahaman tersebut, Anda bisa menciptakan keselarasan dengan branding bisnis.
  • Konsisten dengan Visi dan Misi. Jangan remehkan visi dan misi; keberhasilan usaha Anda dimulai dari kedua hal tersebut. Visi mampu memfokuskan langkah; misi membuat visi lebih terarah. Dengan demikian, Anda dapat menjadikan visi dan misi sebagai konsep dasar pembuatan branding bisnis.
  • Menonjolkan aspek marketing. Ada 4 aspek marketing yang menjadi landasan membuat branding, yaitu narrative, benefit, differentiator, dan passion. Semuanya harus dipenuhi untuk menguatkan branding bisnis.
  • Media sosial. Media sosial menjadi sarana paling efektif untuk mengenalkan brand. Semakin gencar melakukan branding lewat media sosial, bisnis Anda pasti cepat dikenal.   

Branding usaha merupakan suatu keharusan bagi pelaku usaha agar mampu bersaing dengan pebisnis lain dalam mempertahankan pelanggan. Jadi, tentukan strategi branding bisnis Anda, sekarang.