Seberapa efektif co working sebagai solusi bekerja remote? Simak ulasannya berikut ini.

Bekerja remote kini menjadi tren masyarakat era modern, terutama kalangan milenial. Pasalnya, pekerjaan ini bisa dilakukan dari jarak jauh; tanpa harus berangkat ke kantor. Bahkan, para pelaku kerja remote dapat menyelesaikan tugas di rumah.

Lantas, apakah bekerja di rumah pasti bebas masalah? Belum tentu; pekerjaan yang dilakukan dari rumah pun kerap terganggu oleh hal-hal sepele. Karena itu, banyak freelancer memilih co working sebagai solusi mengatasi masalah bekerja di rumah.

Masalah Apa Saja yang Sering Timbul saat Bekerja di Rumah?
Bekerja remote sering kali memunculkan konflik ketika tinggal dengan keluarga. Berikut ini masalah yang kerap terjadi karena perbedaan sudut pandang antara freelancer dan keluarganya.

  • Dianggap pengangguran. Anda akan mengalami masalah ini jika hidup di tengah keluarga yang kurang wawasan tentang perkembangan teknologi. Seorang pemrogram komputer pun acap kali dianggap pengangguran kalau tidak pernah keluar rumah. Di mata mereka, bekerja berarti memakai dasi, setelan kemeja, atau seragam dinas.
  • Gangguan suara. Gangguan suara bisa datang dari tempat mana pun, misalnya musik hajatan tetangga sebelah, mesin kendaraan, atau obrolan para ibu di depan rumah. Anda mungkin kehilangan konsentrasi saat suasana berisik seperti itu.
  • Mengurus anggota keluarga. Bekerja di rumah berarti tetap bertemu dengan anggota keluarga. Manakala ada anggota keluarga yang sakit, Anda tetap harus bertanggung jawab merawat dan menjaga. Meskipun merasa hal ini sangat mengganggu, ikhlaskan hati untuk melakukannya.
  • Banyak pekerjaan tertunda. Bekerja remote berarti mengatur jadwal Anda sendiri untuk menyelesaikan tugas. Namun, godaan menunda pekerjaan sering kali menghampiri para pekerja remote. Entah karena ada tamu atau terlalu asyik mengakses media sosial.
  • Pemadaman listrik dan gangguan internet. Risiko ini bisa terjadi kapan pun tanpa mengenal kompromi. Akibatnya, komunikasi dengan klien pun terputus tiba-tiba atau Anda tidak dapat menyelesaikan tugas tepat waktu.

Co working—Solusi Tepat untuk Bekerja Remote
Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, co working merupakan salah satu solusi untuk menyelesaikan pekerjaan remote. Co working space juga diartikan sebagai sebuah tempat dengan fasilitas mirip kantor. Anda bisa mengadakan pertemuan, video conference, serta diskusi tim di co working space.

Bentuk co working space berupa ruang bersama dengan luasan tertentu. Siapa pun bisa bekerja di ruangan tersebut tanpa terikat waktu. Bahkan, orang-orang di dalamnya melakukan beragam pekerjaan.

Karena keberagaman pekerjaan tersebut, Anda berkesempatan untuk membangun networking di co working space. Jadi, orang-orang yang ada di dalamnya bisa mencari relasi, klien, atau job baru.

Keuntungan Menggunakan Co Working Space
Berikut ini beberapa keuntungan yang akan Anda peroleh jika bekerja remote di area co working.

  • Mudah mendapatkan inspirasi. Co working space biasanya memiliki desain unik, nyaman, dan menarik. Hal inilah yang bisa menghadirkan inspirasi baru bagi pekerja remote. Dengan begitu, tugas dapat diselesaikan secara cepat, kreatif, dan produktif.
  • Semua kebutuhan terpenuhi. Area co working umumnya dilengkapi peralatan pendukung kerja remote. Dari mulai koneksi WiFi, telepon, tempat duduk, proyektor, sampai sebuah kafe kopi.
  • Bisa bertukar wawasan. Beragamnya pengguna co working memungkinkan Anda untuk mendapatkan pengetahuan baru dari mereka. Anda mungkin bisa belajar cara merancang produk, membuat buku, atau bernegosiasi dengan konsumen.
  • Peluang besar untuk masuk media massa. Area co working juga sering digunakan sebagai tempat menyelenggarakan acara. Saat itu, tidak menutup kemungkinan banyak pekerja media massa yang datang meliputnya. Otomatis, peluang Anda untuk mendapatkan akses ke media semakin besar.

Demikian ulasan seputar co working sebagai solusi bekerja remote yang nyaman dan produktif. Semoga bermanfaat.