Sedang merintis usaha dan butuh ruang kantor, tetapi anggaran terbatas? Coba saja coworking space, konsep perkantoran unik masa kini di Jakarta Selatan.

Industri berbasis ekonomi kreatif kian populer dalam beberapa tahun belakangan. Atmosfer berwirausaha begitu kental, sehingga mendorong munculnya berbagai perusahaan startup atau perintis. Keberadaan perusahaan startup ini kemudian menghadirkan permintaan baru pada pasar, yakni kebutuhan ruang kerja yang nyaman, fleksibel, dan terjangkau. Sebuah peluang bisnis baru pun tercipta: coworking space.

 

Di kota-kota besar, ruang kerja bersama ini tengah menjadi tren, terutama di kalangan para penggiat startup dan pekerja lepas. Bahkan, ini menjadi sebuah kebutuhan utama. Bagi Anda yang sedang merintis usaha, butuh ruang kantor nyaman, tetapi tidak ingin mengeluarkan biaya terlalu banyak, maka coworking space adalah pilihan terbaik.

 

 

 

Apa Itu Konsep Coworking Space?

Coworking Space, Konsep Perkantoran Unik Masa Kini di Jakarta Selatan

Pernah bertanya-tanya, kapan kali pertama istilah coworking ini digunakan? Brad Neuberg asal Amerika Serikat adalah orang yang membuat istilah ini menjadi akrab di telinga masyarakat. Pada tahun 2005, ia menjadi inisiator gerakan coworking di San Francisco yang bertujuan menggabungkan kemandirian dalam bekerja dan komunitas struktural ruang kantor.

 

 

Sejatinya, istilah coworking space merujuk pada ruang kerja bersama, yang menjadi tempat para individu dari berbagai latar profesi untuk berbagi tempat dalam bekerja. Berbeda dengan kantor pada umumnya, ruang kerja bersama bisa berisi banyak orang dengan pekerjaan dan asal organisasi/perusahaan yang berbeda-beda. Oleh karena itu, kolaborasi atau kerja sama menjadi dasar dari konsep perkantoran unik coworking space.

 

 

Coworking merupakan budaya kantor yang terbuka dan tanpa penghalang. Ruang kerja bersama menjadi jawaban bagi mereka yang bosan bekerja di bilik kantor bersekat, para pekerja lepas yang jenuh berpindah-pindah dari kafe ke kafe, dan mereka yang khawatir terisolasi karena terlalu lama bekerja di rumah.

 

 

Itulah mengapa konsep perkantoran unik coworking space biasanya mengusung rancangan terbuka. Deretan meja panjang mengisi ruang yang cukup lapang dengan sejumlah kursi. Jika butuh sedikit privasi agar lebih fokus bekerja, pengelola juga menyediakan meja dan kursi tersendiri, atau ruang kecil yang dapat digunakan sekelompok orang untuk berdiskusi. Namun, umumnya seluruh ruangan didesain tanpa sekat apa pun, sehingga siapa saja yang bekerja di sini dapat aktif berinteraksi satu sama lain.

 

 

Kelebihan dan Kekurangan Coworking Space

Setelah memahami bagaimana konsep perkantoran unik coworking space, Anda mungkin mulai penasaran dengan apa saja kelebihan dan kekurangannya. Sebagai penggiat startup, memutuskan untuk menyewa kantor sendiri atau berbagi ruang kerja jelas butuh pertimbangan matang. Keterbatasan anggaran boleh jadi satu dari sekian alasan Anda maju mundur untuk menyewa ruang kantor. Lalu, apakah coworking space menjadi pilihan paling pas untuk setiap startup? Mari kenali lebih dulu kekurangan dan kelebihan ruang kerja bersama ini.

 

Kekurangan Coworking Space

Harus diakui, coworking space punya keterbatasan yang bisa jadi kendala bagi beberapa penggiat startup. Faktor ini bisa jadi alasan mengapa menyewa tempat di ruang kerja bersama tidak selalu cocok untuk semua orang.

  • Distraksi dan privasi

Ada hari ketika Anda begitu sibuk mempersiapkan materi presentasi untuk disampaikan di hadapan calon investor, sibuk berdiskusi pengembangan produk dengan tim, atau sekadar melakukan evaluasi pada kinerja perusahaan. Waktu Anda sudah habis tersita untuk itu semua, maka sosialisasi dengan pengguna ruang kerja lain adalah hal terakhir yang Anda lakukan. Namun, karena Anda memilih untuk bekerja di coworking space, mau tidak mau bersosialisasi tetap perlu, meskipun ini menjadi distraksi bagi Anda.

 

Begitu pula dengan privasi, jelas bukan sesuatu yang bisa Anda dapatkan dengan mudah ketika bekerja di coworking space. Jika Anda sedang butuh privasi ekstra, alih-alih duduk di meja besar bersama pekerja lain, coba sewa meja di sudut ruangan atau ruang tertutup. Jadi, pastikan ruang kerja bersama yang hendak Anda tuju memiliki fasilitas tersebut.

 

 

  • Kompetitor mungkin di sebelah Anda

Di ruang kerja bersama, orang yang duduk di sebelah Anda bisa jadi kompetitor bisnis startup Anda. Ingat, coworking space adalah tempat berkumpul para penggiat startup seperti Anda. Bukan hal mustahil Anda menemukan beberapa pebisnis dengan lini usaha serupa. Agar mereka tidak mencuri dengar diskusi atau ide brilian Anda, menyewa ruang meeting tertutup bisa jadi opsi paling bijak untuk menghadapi hal ini.

 

 

  • Sulit memodifikasi ruangan

Sekalipun desain ruang kerja bersama yang Anda sewa begitu keren, kekinian, dan nyaman, pasti ada keinginan untuk memberikan sentuhan personal pada area kerja Anda. Sayangnya, hal ini nyaris tidak mungkin terjadi jika Anda menggunakan coworking space. Anda hanya bisa memanfaatkan apa yang sudah ada, tanpa bisa memodifikasi desain ruangan lebih jauh.

 

 

  • Jam kerja

Berhubung tengah merintis usaha, jam kerja Anda bisa berlangsung lebih panjang daripada jam kantoran pada umumnya. Sebelum mencoba coworking space, Anda dan tim terbiasa meeting kapan saja dan di mana saja, sehingga kafe atau restoran yang buka 24 jam menjadi andalan. Namun, kebanyakan coworking space buka mengikuti jam kantor atau paling malam sampai pukul 22.00. Bagi Anda yang menganut jam kerja fleksibel, membatasi jam kerja dengan mengikuti jam operasional coworking space mungkin dirasa tidak sesuai.

 

 

Kelebihan Coworking Space

Di balik kekurangan yang muncul, coworking space justru memberikan banyak keuntungan bagi para penggiat startup. Anda dengan anggaran terbatas tetap bisa memiliki ruang kantor yang layak untuk bekerja, berdiskusi dengan tim, hingga bertemu dengan klien atau calon investor. Semua bisa diatasi tanpa mengeluarkan biaya operasional yang besar. Boleh dibilang, coworking space baik untuk citra dan kredibilitas perusahaan Anda, sehingga meningkatkan kepercayaan klien maupun calon investor.

Apa saja kelebihan yang Anda dapatkan dengan menggunakan coworking space?

 

  • Biaya terjangkau, fleksibilitas tinggi

Anda mungkin penasaran apa yang membuat harga sewa konsep perkantoran unik coworking space ini bisa begitu murah. Jawabannya adalah prinsip economy sharing yang ditetapkan oleh pengelola, sehingga harga sewa yang dikenakan pada pengguna lebih murah daripada harga sewa ruko atau ruang kantor konvensional. Ketika Anda menyewa coworking space, Anda hanya membayar apa yang Anda butuhkan. Jika Anda hanya butuh satu meja, maka harga sewa satu meja itulah yang dibayar, bukan harga sewa satu ruangan.

 

 

Di sisi lain, coworking space juga menawarkan fleksibilitas dalam memilih paket mana yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Biasanya pengelola punya beberapa paket dengan periode sewa beragam, mulai dari harian, mingguan, bulanan, hingga tahunan. Anda pun bebas menyewa ruang kerja untuk berapa lama. Butuh suasana baru? Cukup hentikan masa berlangganan Anda di coworking space yang lama. Kemudian, segera temukan tempat baru dengan suasana dan lingkungan kerja yang lebih cocok untuk Anda.

 

 

 

  • Kesempatan memperluas jaringan

Bekerja di kantor konvensional membuat Anda bertemu dengan orang yang sama setiap hari. Namun, bekerja di coworking space mendorong Anda berjumpa dengan orang berbeda-beda latar belakang setiap hari. Dengan tata letak ruang yang terbuka, Anda tergerak untuk berinteraksi dengan mereka. Bukan tak mungkin Anda akan berjumpa dengan sesama penggiat startup atau pekerja lepas lainnya. Tidak hanya bertukar ide, sharing pengalaman, atau berdiskusi panjang lebar, peluang untuk berkolaborasi pun terbuka lebar.

 

 

Coworking space memberikan Anda kesempatan memperluas jaringan dengan siapa saja, mulai dari sesama pebisnis, pembicara dalam seminar atau workshop, calon klien, hingga calon investor potensial. Kesamaan pemikiran dan pengalaman seputar startup ini memberikan motivasi kuat bagi Anda untuk terus mengembangkan usaha yang dimiliki.

 

 

 

  • Struktur pada rutinitas harian

Selama ini Anda lebih banyak bekerja di rumah. Meski terdengar nyaman, faktanya Anda kesulitan mengatur jadwal dan sering menunda pekerjaan karena urusan rumah tangga. Menyewa ruang kerja bersama membantu Anda menciptakan rutinitas harian yang lebih terstruktur dan terorganisir. Dengan jadwal kerja yang tetap, Anda pun lebih fokus untuk menyelesaikan pekerjaan ketimbang melakukan hal-hal lain yang tidak produktif.

 

 

  • Fasilitas dan layanan

Bagian terbaik dari menyewa coworking space adalah kemudahan menikmati berbagai fasilitas dan layanan yang tersedia, tanpa pusing mengeluarkan biaya ekstra. Ketika Anda menyewa ruang kantor konvensional, Anda masih harus menambahkan sendiri furnitur, akses internet, jaringan telepon, dan tentu mempekerjakan seorang resepsionis atau office boy. Hal ini tidak perlu Anda lakukan jika menggunakan coworking space sebab pengelola sudah menyediakan semuanya. Urusan administrasi dan operasional kantor tidak lagi menjadi beban pikiran Anda.

 

 

  • Lingkungan kerja nyaman, produktivitas meningkat

Terbuka, hangat, dan nyaman, itulah suasana yang umum Anda temui saat berada di coworking space. Desain tanpa sekat memberikan pengalaman bekerja berbeda dari kerja kantoran biasa yang cenderung formal dan kaku. Plus, semua orang bebas berinteraksi satu sama lain, sehingga memberikan atmosfer kerja yang positif. Lingkungan kerja yang nyaman dan kondusif seperti ini tentu berdampak pada peningkatan produktivitas Anda.

 

 

  • Banyak event komunitas menarik

Pengelola coworking space sering mengadakan acara seperti workshop atau seminar pada waktu tertentu. Biasanya, tema yang diusung adalah seputar mengelola bisnis startup, mencari investor yang tepat, pengembangan produk, hingga pentingnya mengurus izin usaha resmi. Selain menjadi sarana bersosialisasi dengan sesama penggiat startup, Anda juga dapat melakukan promosi produk atau layanan startup. Tentu ini membuka peluang Anda dalam menjaring calon pelanggan atau mitra kerja baru.

 

Fasilitas yang Biasa Ditawarkan Coworking Space

Coworking Space, Konsep Perkantoran Unik Masa Kini di Jakarta Selatan

Seperti sudah disinggung di atas, salah satu kelebihan menggunakan coworking space adalah fasilitas dan layanan yang dimiliki. Konsep perkantoran unik coworking space mempunyai fasilitas layaknya kantor konvensional. Tidak hanya menyediakan fasilitas yang mumpuni, tetapi pengelola juga memberikan layanan yang maksimal bagi para penyewa ruang kerja bersama.

 

 

Oleh karena itu, coworking space menjadi pilihan utama penggiat startup karena Anda tidak perlu pusing memikirkan bagaimana membayar biaya operasional kantor per bulan. Semua urusan administrasi dan operasional kantor sudah diurus dengan baik oleh pengelola coworking space. Anda hanya perlu datang membawa diri dan laptop untuk bekerja di sini. Sisanya, biarkan pengelola yang bekerja melayani kebutuhan Anda.

 

 

Adapun fasilitas yang biasa ditawarkan oleh pengelola coworking space adalah sebagai berikut.

 

  • Koneksi Internet Cepat

Tentu ini fasilitas yang wajib ada di setiap coworking space. Koneksi internet cepat menunjang pekerjaan Anda sehari-hari. Tanpa internet, Anda akan kesulitan menyelesaikan banyak tugas dalam satu waktu atau menindaklanjuti calon klien potensial.

 

 

  • Layanan fotokopi, pencetakan, dan pemindaian dokumen

Butuh fotokopi, pencetakan, dan pemindaian dokumen saat bekerja? Tidak perlu repot mencari di luar. Biasanya pengelola sudah menyediakan mesin fotokopi canggih untuk melakukan itu semua. Anda bisa mengurus semuanya sendiri atau minta bantuan operator.

 

 

  • Free flow refreshment

Perlu menyegarkan diri dengan kopi, teh, atau air mineral? Semua tersedia di sini. Bahkan, beberapa pengelola coworking space juga menyediakan kudapan ringan dan semua bisa diambil berkali-kali alias free flow.

 

 

  • Ruang rapat

Selain meja panjang atau meja kerja pribadi, di coworking space juga tersedia ruang rapat yang dapat dipakai oleh 10 – 12 orang. Fasilitas ini perlu jika sewaktu-waktu Anda membutuhkan privasi ekstra untuk berdiskusi dengan tim maupun bertemu klien penting. Biasanya, penyewaan ruang meeting dapat dilakukan dalam durasi per jam, setengah hari (4 jam), hingga satu hari penuh (8 jam).

 

 

  • Alamat korespondensi

Bagi Anda penggiat startup, salah satu fasilitas yang ditawarkan dari paket sewa coworking space adalah alamat domisili usaha. Alamat ini dapat Anda cantumkan pada kartu nama, akun media sosial, atau situs perusahaan. Tentu ini akan menaikkan citra perusahaan Anda di mata klien dan investor.

 

 

  • Penempatan logo perusahaan

Begitu pula dengan penempatan logo perusahaan, yang dapat Anda nikmati jika menyewa paket untuk startup. Biasanya logo akan ditampilkan dalam layar LCD TV di area lobi, sehingga menjadi penanda bahwa kantor perusahaan Anda benar berada di situ.

 

 

  • Onsite support

Termasuk dukungan di tempat adalah keberadaan resepsionis, office boy, atau cleaning service. Mereka inilah yang akan memenuhi berbagai kebutuhan Anda selama bekerja di coworking space. Ruangan tetap terjaga bersih dan apik, tamu yang ditunggu bisa diarahkan langsung menuju ruang meeting, sehingga Anda hanya perlu fokus bekerja.

 

 

 

Ini Dia Kisaran Biaya Coworking Space di Jakarta Selatan

Coworking Space, Konsep Perkantoran Unik Masa Kini di Jakarta Selatan

Sudah hampir satu dekade ini pusat perkantoran mulai bergeser dari tengah kota ke kawasan selatan Jakarta. Gedung-gedung bertingkat berdiri megah di area SCBD, Mega Kuningan, dan sepanjang Jalan TB Simatupang. Para penyedia coworking space pun menyadari hal ini. Di Jakarta Selatan bermunculan ruang kerja bersama yang berusaha memfasilitasi kebutuhan penggiat startup seperti Anda.

 

 

Dengan menempati coworking space di lokasi strategis, peluang Anda untuk mengembangkan usaha pun terbuka lebar. Apalagi, biasanya pengelola juga menyediakan layanan virtual office lengkap dengan pengurusan administrasi izin pendirian badan usaha. Sesuai dengan Surat Edaran No. 06/SE/2016 Kepala Badan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (BPTSP), Surat Keterangan Domisili Usaha atau SKDU dapat diberikan kepada pengguna virtual office.

 

 

Maka, begitu Anda merasa ini waktunya untuk mengembangkan bisnis, tidak perlu ke mana-mana. Anda cukup berpindah layanan dari penyewa meja di coworking space menjadi penyewa virtual office. Urusan perizinan usaha pun lebih mudah dilakukan kemudian.

 

 

Pada umumnya, coworking space cocok untuk individu, perusahaan, profesional, penggiat startup, komunitas, dan freelancer atau pekerja lepas. Sementara, virtual office menjadi pilihan bagi perusahaan startup yang membutuhkan ruang lebih untuk berbisnis. Berkaca pada konsep perkantoran unik coworking space di atas, maka Anda perlu mengetahui berapa besaran biaya coworking space di Jakarta Selatan. Hal ini penting agar Anda dapat mengatur pengeluaran perusahaan secara efektif dan efisien.

 

 

Berikut kisaran biaya untuk menyewa coworking space yang berlokasi di Jakarta Selatan, tepatnya di kawasan Jl. TB. Simatupang.

  • Paket Coworking Space

Biasanya dikelompokkan lagi sesuai pengguna. Untuk paket individu, harga yang ditawarkan mulai dari Rp55.000 untuk pemakaian selama 3 jam. Harga itu sudah termasuk pemakaian meja, akses internet tak terbatas dengan kecepatan sampai 30 Mbps, dan bebas ambil minum yang tersedia. Selain itu, tersedia pula paket individu harian, mingguan, dan bulanan dengan biaya mulai dari Rp165.000.

 

 

Untuk paket perusahaan, kisaran harganya dimulai dari Rp5.610.000 per bulan. Jenis paket ini cocok untuk Anda yang sudah memiliki tim khusus saat bekerja. Dalam paket, harga tersebut sudah termasuk penggunaan meja, akses internet tidak terbatas, free flow refreshment, alamat kantor, tanda logo kantor, dan gratis pemakaian ruang rapat selama 6 – 10 jam per bulan.

 

 

 

  • Paket Ruang Rapat

Anda pun bisa datang ke coworking space untuk menggunakan ruang rapat saja. Pas untuk pekerja kantoran yang butuh perubahan suasana atau penggiat startup saat harus bertemu klien. Kisaran harga sewa mulai dari Rp220.000 per orang untuk satu jam. Anda bisa menggunakan ruang rapat ini dengan durasi per jam, setengah hari (4 jam), atau sehari penuh (8 jam). Fasilitas yang diperoleh antara lain infocus dan layar, akses internet tidak terbatas, flipchart dan spidol, serta free flow refreshment. Umumnya ruang rapat bisa digunakan untuk maksimal 12 orang.

 

 

 

  • Paket Penyelenggaraan Event

Anda yang ingin membuat seminar atau workshop dapat memilih coworking space sebagai tempat berlangsungnya acara. Tersedia dalam konsep private room atau open space, fasilitas yang diperoleh tidak berbeda jauh dengan penyewaan ruang rapat. Bahkan, Anda dapat menjamu peserta dengan coffee break atau makan siang, tergantung durasi acara. Untuk private room concept, harga yang ditawarkan mulai Rp165.000 per orang. Sementara pada open space concept, harga dibandrol mulai Rp275.000 per orang.

 

 

 

 

Uniqorn Coworking Space di Jakarta Selatan

Coworking Space, Konsep Perkantoran Unik Masa Kini di Jakarta Selatan

Jika Anda sedang mencari penyedia coworking space bergengsi yang menempati lokasi strategis di Jakarta Selatan, maka Uniqorn adalah pilihan paling tepat. Berlokasi di 18 Office Park, Jl. TB. Simatupang, tersedia beragam paket dengan dukungan fasilitas lengkap yang dapat Anda manfaatkan setiap hari Senin – Jumat mulai pukul 08.00. Selain coworking space, Uniqorn juga menyediakan layanan virtual office, lengkap dengan paket pengurusan izin pendirian usaha.

Mengapa Anda harus memilih Uniqorn daripada penyedia coworking space lainnya?

 

Kolaborasi

Uniqorn mengusung konsep perkantoran unik coworking space di Jakarta Selatan yang memberikan akses bagi para pelaku industri kreatif untuk saling bertemu dalam satu ruang kerja bersama. Tidak hanya bertemu, Anda juga dapat berbagi ide bisnis dan membangun jaringan dengan sesama penggiat startup atau pekerja kreatif lainnya. Maka, kesempatan untuk bersinergi dan membuat kolaborasi bisnis pun terbuka lebar.

 

 

Solusi

Uniqorn tidak hanya menyediakan tempat fisik, tetapi juga menjadi solusi dan wadah untuk mengembangkan keterampilan para penggiat startup. Penyelenggaraan berbagai program dan event seperti workshop dan seminar menjadi bukti nyata.

 

 

Fleksibel

Bekerja di Uniqorn membuat Anda leluasa mengatur waktu untuk bekerja dan kehidupan pribadi. Dengan tercapainya work life balance, kualitas hidup Anda lebih baik dan bisnis pun berkembang maju.

 

 

Harga Terjangkau

Menyewa coworking space di Uniqorn tidak akan membebani biaya operasional perusahaan Anda karena tersedia beragam paket yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Anda cukup membayar apa yang Anda butuhkan dan mengalihkan dana operasional tersebut ke pengembangan bisnis Anda.

 

Setelah menyimak bagaimana konsep perkantoran unik coworking space di Jakarta Selatan seperti Uniqorn, kini tiba waktunya Anda memutuskan. Menimbang keuntungan yang akan Anda peroleh, maka menyewa coworking space jelas menjadi pilihan terbaik dalam mengembangkan bisnis Anda saat ini, bukan?

 

UNIQORN dapat membantu dan memfasilitasi perkembangan bisnis Anda. UNIQORN juga menawarkan tempat untuk bekerja, berinteraksi, berkolaborasi, dan mengembangkan bisnis Anda. Untuk mengetahui lebih banyak tentang UNIQORN coworking space Anda dapat hubungi  +62 819 1100 7102 atau email halo@uniqorn.co.id

 

cc: IGO