Anda selalu gagal dalam menciptakan produk yang sesuai keinginan konsumen? Segera praktikkan dan rasakan manfaat FGD bagi bisnis Anda.

Sebelum mengeluarkan produk ke pasaran, Anda perlu menyusun strategi marketing. Untuk mendapatkan trik marketing terbaik, perlu analisis yang mendalam mengenai kebutuhan konsumen.

Dalam metode klasik, kebutuhan konsumen dianalisis melalui survei. Namun, cara ini acap kali mengecewakan. Pasalnya, Anda tidak bisa mengetahui alasan konsumen memilih suatu produk.

Nah, baru-baru ini, banyak perusahaan yang beralih ke metode Focus Grup Discussion (FGD) untuk menciptakan produk tepat sasaran. Seperti apa konsep dan manfaat FGD? Yuk, simak terus artikel ini.

Apa Itu Focus Grup Discussion (FGD)?
FGD merupakan salah satu metode diskusi untuk mengumpulkan informasi mengenai suatu masalah secara spesifik. Biasanya, FGD dilakukan oleh beberapa orang yang membentuk kelompok kecil. Satu orang dari kelompok tersebut ditunjuk sebagai moderator atau pemantik diskusi.

Dalam dunia bisnis, FGD diartikan sebagai metode penelitian kualitatif. Peserta diskusi berasal dari kalangan konsumen, baik individu maupun kelompok. Materi perbincangan diarahkan pada brand, produk, dan trik marketing.

Manfaat FGD untuk Menyusun Strategi Bisnis
Dibandingkan dengan survei, metode FGD lebih efektif untuk membuat trik marketing. Anda tidak membutuhkan banyak waktu dalam melakukan FGD. Metode ini cukup dijalankan selama 45-60 menit. Selain itu, FGD juga memberikan beberapa manfaat berikut.

  1. Memberikan Pandangan Luas dan Mendalam
  2. FGD memunculkan pandangan yang mungkin tidak terlintas di benak Anda. Pasalnya, peserta FGD memiliki pemikiran dan karakter berbeda. Tentunya, mereka mempunyai cara beragam dalam menghadapi berbagai permasalahan di dunia marketing.

    Lalu, bagaimana cara menciptakan berbagai pandangan dalam FGD? Mudah saja; Anda cukup melemparkan pertanyaan kepada tiap peserta. Kemudian, tiap peserta diberikan kesempatan untuk bertanya atau menanggapi pendapat rekan-rekannya.

    Kalau ide atau gagasan sudah mengerucut ke satu titik, Anda bisa mengakhiri diskusi. Agar mendapatkan kesimpulan diskusi yang tepat, kelompokkan berdasarkan tanggapan negatif, positif, indifferent, dan unware. Dari identifikasi tersebut, pilih yang sesuai dengan bisnis Anda.

  3. Mampu Memahami Kebutuhan dan Karakter Konsumen dengan Detail
  4. Peserta FGD bisa jadi berasal dari kalangan konsumen atau pelanggan. Jadi, manajemen perusahaan berkesempatan terlibat langsung dalam percakapan dengan konsumen. Mereka dapat bertatap muka, adu argumen, saling menanggapi ide, serta mengajukan usul terkait produk. Hal tersebut memungkinkan perusahaan untuk mengetahui kebutuhan konsumen secara nyata.

    Tidak hanya itu, FGD juga memberikan peluang kepada perusahaan untuk memahami karakter konsumen melalui bahasa tubuhnya. Kejujuran dan kesetiaan konsumen terhadap suatu produk pun dapat diketahui secara mendalam, baik lewat lisan maupun tulisan.

  5. Lebih Cepat dan Efektif Mendapatkan Gagasan Baru
  6. Pencarian ide baru yang hanya dilakukan dari internal perusahaan sering kali membosankan. Bahkan, pebisnis kerap kesulitan menemukan inovasi dari gagasan-gagasannya. Kalaupun ada gagasan, biasanya sudah pernah digunakan oleh pebisnis lain.

    Di sinilah peran FGD yang mampu mendorong munculnya ide baru melalui pengumpulan informasi. Dengan perbedaan latar belakang dan pengalaman peserta FGD, pebisnis bisa mendapatkan berbagai usulan gagasan.    

  7. Fokus dan Terarah
  8. Dalam FGD, pembicaraan mengarah pada satu tema. Ketika ada yang menyampaikan hal di luar tema, moderator berhak mengingatkannya. Dengan begitu, pebisnis bisa lebih fokus dalam memilih strategi pemasaran dan produk sesuai hasil FGD.

Demikian artikel seputar pengertian dan manfaat FGD untuk strategi bisnis. Melihat manfaat FGD yang begitu besar, sudah saatnya Anda beralih ke metode ini. Tinggalkan cara lama; buatlah strategi baru melalui FGD agar produk sampai ke tangan konsumen yang tepat. Semoga bermanfaat.