Berbagai keuntungan akan Anda dapatkan saat menggunakan coworking space sebagai tempat bekerja. Berikut adalah ulasan lengkap mengenai ruang kerja bersama ini.

Selama beberapa tahun terakhir, coworking space mulai banyak diminati di Indonesia, terutama di ibu kota serta sejumlah kota besar lainnya. Konsep ruang kerja bersama ini sangat mendukung para pekerja freelance sekaligus turut meningkatkan produktivitas perusahaan start-up yang tengah mengembangkan usahanya.

 

Ruang kerja nyaman serta berbagai fasilitas penunjang pekerjaan adalah beberapa hal utama yang akan Anda dapatkan saat bekerja di coworking space. Berikut adalah sejumlah hal penting lain yang harus Anda ketahui jika ingin memanfaatkan layanan coworking space sebagai tempat bekerja.

 

 

 

 

Apa Itu Coworking Space?

10 Keuntungan Ketika Anda Bekerja di Coworking Space

Coworking space mengusung konsep kantor atau ruang kerja yang dapat digunakan oleh beberapa komunitas maupun perusahaan berbeda dalam waktu bersamaan. Konsep ruang kerja bersama ini memungkinkan Anda untuk berkolaborasi bersama orang-orang yang bekerja dalam bidang yang sama di samping menyelesaikan pekerjaan pribadi.

 

 

Menilik sejarahnya, coworking space mulai dirintis pertama kali di San Fransisco, Amerika Serikat, pada tahun 2005. Brad Neuberg, seorang ahli perangkat lunak senior, adalah orang yang pertama kali mencetuskan ide mengenai coworking space. Pada awalnya, ruang kerja bersama ini menyasar para pegawai atau karyawan freelance yang bekerja secara mobile.

 

 

Namun, karena kian berkembang dan diminati oleh banyak pihak, kini coworking space juga melebarkan sayap dengan penambahan fasilitas perkantoran agar bisa digunakan oleh perusahaan-perusahaan baru yang sedang merintis usaha dan belum memiliki kantor tetap. Fasilitas yang disediakan oleh coworking space dapat menopang jalannya perusahaan tersebut.

 

 

Coworking space biasanya menawarkan fasilitas perkantoran standar seperti meja dan kursi, mesin pencetak dan fotokopi, jaringan internet atau WiFi, serta kamar mandi dan lounge atau pantry yang dapat digunakan bersama. Beberapa coworking space bahkan menyediakan fasilitas untuk mengakomodasi pertemuan anggota komunitas maupun rapat karyawan perusahaan. Ruang rapat berfasilitas lengkap menjadi fasilitas tambahan yang tersedia.

 

 

Selain di negara asalnya, Amerika Serikat, konsep coworking space kini juga telah banyak digunakan di sejumlah negara lain, terutama di negara-negara Eropa dan Asia. Di Asia sendiri, Indonesia menjadi salah satu negara yang telah merintis coworking space sebagai pilihan ruang kerja bagi para pekerja paruh waktu, komunitas, serta perusahaan-perusahaan baru.

 

 

 

 

Perbedaan Coworking Space dengan Kantor Tetap

Tidak seperti kantor tetap bergaya konvensional yang hanya digunakan oleh satu perusahaan tertentu saja, coworking space memungkinkan pegawai yang berasal dari sejumlah perusahaan berbeda untuk bisa bekerja di tempat yang sama. Hal ini menjadi perbedaan utama antara kantor konvensional dan coworking space.

 

Lebih lanjut, perbedaan antara coworking space dan kantor tradisional dapat diuraikan dalam empat aspek bahasan, yakni pengguna, waktu kerja, layanan dan fasilitas, serta biaya operasional.

  • Coworking Space vs. Kantor Tetap: Pengguna

Dalam sebuah coworking space, kolaborasi dan keberagaman menjadi unsur utama yang dicari oleh para penggunanya. Pekerja freelance maupun anggota komunitas yang menggunakan coworking space tidak hanya bisa bekerja sendiri, tetapi juga bisa berinteraksi atau bertukar ide bersama pengguna lain yang berasal dari bidang pekerjaan lain.

 

Konsep tersebut tentu tidak sama dengan kantor tetap yang hanya dihuni dan digunakan oleh karyawan maupun pekerja yang berasal dari satu perusahaan yang sama. Visi serta minat para pengguna coworking space bisa saja bervariasi dan berbeda satu sama lain, sedangkan kantor tetap menjadi tempat kerja bagi orang-orang yang memiliki visi dan minat yang sama.

 

 

  • Coworking Space vs. Kantor Tetap: Waktu Kerja

Fleksibilitas waktu bekerja adalah konsep awal yang dimiliki oleh coworking space. Anda bisa menggunakan layanan serta fasilitas coworking space kapan pun sesuai keinginan. Beberapa coworking space bahkan ada yang membuka layanannya setiap hari selama 24 jam, sehingga dapat digunakan untuk mengakomodasi mereka yang memiliki waktu produktif bekerja di malam hari.

 

Hal ini berbeda dengan kantor tradisional yang telah menentukan waktu kerja tetap dalam hitungan jam maupun hari. Jika coworking space bisa digunakan dengan sistem membership atau keanggotaan yang mudah, bekerja di kantor konvensional memerlukan rangkaian perjanjian dengan prosedur yang telah ditetapkan.

 

 

  • Coworking Space vs. Kantor Tetap: Layanan dan Fasilitas

Coworking space menawarkan fasilitas perkantoran standar yang digunakan secara bersamaan. Selain meja dan kursi untuk bekerja independen maupun berdiskusi, ruang kerja bersama ini juga menyediakan alat perkantoran lain, termasuk mesin faksimile, pencetak, atau mesin fotokopi. Coworking space yang ditujukan bagi perusahaan bahkan menyediakan ruang pertemuan serta layanan resepsionis yang meliputi penerimaan telepon maupun surat-menyurat.

 

Sementara itu, kantor tetap memiliki layanan dan fasilitas yang lebih luas. Selain ruang kerja bagi para pegawainya, kantor juga menyediakan area lobi, resepsionis, serta ruang-ruang khusus lain yang tersedia sesuai kebutuhan operasional kantor.

 

 

  • Coworking Space vs. Kantor Tetap: Biaya Operasional

Biaya operasional dalam hal ini berlaku bagi perusahaan yang baru terbentuk maupun sedang dirintis. Bagi perusahaan-perusahaan tersebut, coworking space dapat digunakan dengan biaya operasional yang lebih rendah. Hal ini berbeda dengan kantor tetap yang harus disewa atau dibeli dengan harga tinggi.

 

Perusahaan yang ingin menggunakan layanan yang ditawarkan oleh coworking space hanya cukup membayar sewa atau biaya keanggotaan sesuai waktu yang diinginkan dengan prosedur yang lebih mudah. Biaya operasional yang dikeluarkan pun akan lebih terjangkau dibandingkan menyewa kantor tetap.

 

 

 

 

Perkembangan Coworking Space di Indonesia

Di Indonesia sendiri, konsep coworking space masih merupakan terobosan baru yang mulai banyak diminati selama beberapa tahun terakhir. Coworking space pertama di tanah air didirikan di Bandung pada tahun 2010. Ruang kerja bersama yang diberi nama Hackerspace ini dirintis oleh anak-anak muda kota kembang dengan Yohan Totting sebagai pendiri utamanya.

 

Setahun kemudian, konsep coworking space serupa juga mulai diterapkan di sejumlah kota besar lainnya di Pulau Jawa, termasuk di Yogyakarta, Surabaya, serta ibu kota negara, Jakarta. Coworking space yang ditawarkan kerap memadukan fasilitas perkantoran dengan tempat berkumpul para anggota dari berbagai komunitas.

 

Dalam kurun waktu kurang dari satu dekade, coworking space di Indonesia memiliki perkembangan yang terbilang signifikan. Di tahun 2016, ada sekitar 45 lokasi coworking space yang berdiri di tanah air. Di tahun selanjutnya, jumlah tersebut bertambah menjadi 75 lokasi. Sementara itu, di tahun 2018 sendiri, terhitung ada lebih dari 150 lokasi coworking space yang tersebar di belasan kota dari bagian barat hingga timur Indonesia.

 

Karena banyaknya perusahaan start-up yang berkembang di Indonesia, coworking space seakan menjadi ruang kerja alternatif yang dapat digunakan secara fleksibel, tetapi tetap menawarkan fasilitas perkantoran yang memadai. Ruangan kerja yang telah dilengkapi meja dan kursi serta jaringan internet berkecepatan tinggi adalah sejumlah fasilitas utama akan Anda dapatkan saat bekerja di coworking space.

 

Terlepas dari perkembangannya yang cukup pesat, coworking space di Indonesia masih menghadapi sejumlah kendala. Salah satunya adalah regulasi pajak serta perizinan tempat usaha. Perundang-undangan di sejumlah wilayah Indonesia, khususnya di ibu kota, kerap memasukkan coworking space dalam kategori kantor virtual. Oleh karena itu, pengaturan nomenklatur serta pengurusan pajak dari ruang kerja bersama ini terkadang perlu melalui proses yang panjang dan tidak mudah.

 

 

 

 

Keuntungan Bekerja di Coworking Space

10 Keuntungan Ketika Anda Bekerja di Coworking Space

Coworking space menawarkan berbagai keuntungan dan kemudahan bagi pekerja freelance serta perusahaan yang menggunakan fasilitas ruang kerja bersama ini. Berikut adalah 10 keuntungan yang akan Anda dapatkan ketika bekerja di coworking space.

  • Konsep ruang kerja berdesain kekinian

Karena merupakan terobosan yang terbilang baru dalam dunia perkantoran, coworking space menghadirkan ruangan kerja yang memiliki desain kekinian. Suasana serta penataan ruang di coworking space pun biasanya dibuat senyaman mungkin, sehingga membuat pengunjung kian betah menghabiskan waktunya untuk bekerja atau berdiskusi dengan rekan sejawat. Hal ini tentu akan meningkatkan produktivitas serta kreativitas Anda dalam bekerja.

 

 

  •  Fasilitas penunjang pekerjaan yang lengkap

Dari ruang kerja kondusif hingga jaringan internet nirkabel berkecepatan tinggi, coworking space memiliki sederet fasilitas yang dapat menunjang kelancaran pekerjaan Anda. Beberapa coworking space bahkan telah menyediakan sejumlah fasilitas tambahan untuk kepentingan perusahaan, termasuk layanan resepsionis serta ruang rapat atau ruang serbaguna yang bisa digunakan sebagai tempat pertemuan komunitas.

 

 

  • Suasana bekerja yang nyaman dan kondusif

Berbagai fasilitas yang tersedia di coworking space bisa membuat Anda bekerja dengan lebih nyaman dan kondusif. Kursi dan meja kerja yang ergonomis, ruangan berpendingin, serta sejumlah fasilitas tambahan lainnya menjadi salah satu faktor kenyamanan bekerja yang bisa Anda rasakan saat menggunakan coworking space. Coworking space yang kerap memadukan layanannya dengan kafe atau restoran mini juga akan membuat Anda lebih nyaman bekerja.

 

 

  • Interaksi dan kolaborasi lintas bidang yang bisa lebih mudah dilakukan

Karena merupakan ruang kerja bersama yang digunakan oleh beberapa perusahaan atau komunitas berbeda, coworking space memberikan kesempatan luas bagi Anda untuk berinteraksi dengan pekerja-pekerja lain yang berasal dari beragam bidang pekerjaan. Hal ini tentu akan membantu Anda memperluas jaringan kerja, bahkan membuka kesempatan untuk berkolaborasi atau bekerja sama dengan pekerja lainnya.

 

 

  • Menjadi tempat mencari inspirasi dan mengembangkan ide

Berbagai survei mengenai penggunaan coworking space di sejumlah negara bagian di Amerika Serikat menyimpulkan bahwa ruang kerja bersama ini bisa menjadi sarana pengembangan ide dan inspirasi bagi pekerja yang menggeluti bidang industri kreatif. Meski Anda bekerja sendiri, suasana kerja di coworking space terbukti dapat memotivasi seseorang untuk lebih efektif dan kreatif dalam mengembangkan ide-idenya.

 

 

  • Waktu bekerja yang fleksibel

Tidak seperti perkantoran konvensional yang jam kerjanya telah ditentukan, coworking space menawarkan waktu bekerja yang lebih fleksibel karena menyasar pekerja freelance sebagai target utamanya. Hanya dengan membayar sewa sesuai tarif yang ditawarkan, Anda dapat menggunakan fasilitas coworking space kapan saja, tergantung pada waktu yang diinginkan.

 

 

  • Perluasan jaringan bisnis bagi perusahaan yang baru berkembang

Selain memberikan kesempatan untuk berinteraksi atau bekerja sama bagi pekerja individual, coworking space juga dapat menjadi sarana perluasan jaringan bisnis bagi perusahaan yang baru dirintis atau masih berkembang. Ruang kerja bersama ini kerap dijadikan sebagai fasilitas berkumpul para investor maupun para penggiat komunitas. Hal tersebut tentu bisa dimanfaatkan untuk memperkenalkan dan memperluas jaringan bisnis Anda.

 

 

  • Gaya bekerja yang lebih bermakna

Di samping bermanfaat bagi perusahaan start-up dalam pengembangan usaha, coworking space juga memberikan keuntungan bagi pekerja freelance yang kini kian banyak dilakukan. Sebuah survei yang dilakukan salah satu media di Filipina mengungkapkan bahwa pekerja freelance yang menghabiskan waktunya dengan bekerja di coworking space dapat membuat dirinya lebih produktif saat bekerja. Survei lain bahkan menyebutkan bahwa berkumpul bersama orang-orang yang berasal dari komunitas atau perusahaan berbeda di coworking space akan kian menguatkan identitas pekerjaan seseorang.

 

 

  • Prosedur administrasi yang mudah

Di zaman serbacepat seperti saat ini, coworking space menjadi jawaban paling tepat sebagai solusi ruang kerja atau kompleks perkantoran yang praktis digunakan. Perusahaan yang ingin menjadikan coworking space sebagai tempat pegawainya bekerja tak perlu melalui rangkaian prosedur administrasi yang rumit dan panjang. Untuk menggunakan coworking space, Anda hanya perlu mendaftar dan membayar biaya sewa dengan prosedur yang amat mudah.

 

 

  • Harga sewa yang relatif terjangkau

Coworking space hadir dengan harga sewa yang terbilang murah jika dibandingkan menyewa atau membeli kantor tetap untuk pengembangan perusahaan. Ruang kerja bersama ini dapat digunakan dengan hitungan tarif per jam maupun per hari, sesuai dengan kebutuhan Anda saat bekerja. Bahkan, sebagian besar coworking space yang kini sudah mendulang banyak peminat menyediakan sistem keanggotaan yang membuat harga sewa bisa dibayar dengan harga yang lebih terjangkau.

 

 

 

 

Tips Memilih Coworking Space

10 Keuntungan Ketika Anda Bekerja di Coworking Space

Dengan banyaknya coworking space di sejumlah kota di Indonesia, berbagai pertimbangan perlu dilakukan untuk memilih coworking space yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Berikut adalah beberapa tips yang bisa dijadikan panduan saat memilih coworking space.

 

  • Pertimbangkan lokasi dan fasilitas yang ditawarkan

Salah satu pertimbangan utama untuk dapat menggunakan coworking space secara lebih efektif adalah memilih yang lokasinya tidak terlalu jauh. Dengan begitu, Anda pun tidak akan menghadapi kesulitan berarti untuk mengakses coworking space tersebut. Selain itu, mempertimbangkan lokasi, pertimbangkan pula fasilitas yang disediakan. Pastikan jika fasilitas yang ada dapat menunjang dan mendukung jenis pekerjaan Anda.

 

 

  •  Perhatikan syarat dan ketentuan yang ditetapkan

Sebelum menggunakan berbagai layanan dan fasilitas coworking space, pastikan Anda telah mengetahui syarat serta ketentuan yang diberlakukan di coworking space tersebut. Perhatikan segala ketentuan, termasuk biaya sewa, waktu penggunaan, atau ketentuan lain jika ada.

 

 

  • Pertimbangkan suasana ruangan kerja

Suasana ruang bekerja memiliki andil besar dalam menentukan efektivitas dan produktivitas kerja. Jadi, pilihlah coworking space yang menawarkan atmosfer kondusif serta suasana yang nyaman untuk bekerja. Bagi Anda yang mudah terganggu gangguan-gangguan kecil, pastikan pula jika desain serta tata ruang coworking space yang dipilih bisa membantu Anda menghindari gangguan tersebut.

 

 

  • Kenali pengguna lain

Mengenali pengguna yang sama-sama menggunakan coworking space tempat Anda bekerja menjadi poin lain yang harus dipertimbangkan saat memilih coworking space. Hal ini perlu dilakukan karena Anda akan berbagi ruang kerja bersama orang-orang tersebut. Berinteraksi dengan orang-orang yang berasal dari bidang pekerjaan berbeda memang membuka kesempatan Anda untuk mengembangkan wawasan dan jaringan pekerjaan. Namun, berkumpul dengan orang-orang yang memiliki minat serupa juga akan meningkatkan kesempatan untuk bekerja sama.

 

 

  • Pilihlah coworking space yang menawarkan ragam aktivitas

Pengembangan diri, wawasan, dan keterampilan adalah salah satu keuntungan bekerja di coworking space. Untuk mendapatkan keuntungan tersebut, Anda perlu memilih coworking space yang kerap mengadakan acara-acara berbasis komunitas atau acara untuk pengembangan diri lainnya. Acara-acara seperti ini biasanya membuka berbagai kesempatan untuk menguatkan minat atau mengembangkan keterampilan yang Anda miliki.

 

 

 

 

Beberapa Rekomendasi Coworking Space di Jakarta

10 Keuntungan Ketika Anda Bekerja di Coworking Space

Jakarta menjadi satu dari sejumlah kota di Indonesia yang memiliki banyak pilihan coworking space. Bagi Anda yang berada di ibu kota, berikut adalah beberapa rekomendasi coworking space di Jakarta yang bisa Anda pilih sebagai ruang kerja bersama.

  • UNIQORN Coworking Space

Memadukan konsep coworking space yang unik dan orisinal, UNIQORN menjadi salah satu rekomendasi ruang kerja bersama di bilangan Jakarta Selatan. Coworking space ini menerapkan gaya industrial modern sebagai desain utamanya. Tata ruang yang elegan serta fasilitas perkantoran yang lengkap menjadi sejumlah keunggulan yang ditawarkan oleh UNIQORN. Untuk pengguna perseorangan, tarif yang ditawarkan sangat terjangkau, yakni mulai dari Rp25.000 untuk penggunaan selama satu jam kerja.

 

Selain menyasar pekerja yang bekerja secara mobile atau freelance, UNIQORN juga menyediakan fasilitas perkantoran untuk perusahaan start-up. Fasilitas tersebut meliputi layanan resepsionis serta ruang rapat yang bisa digunakan sesuai kebutuhan perusahaan.

 

 

  • Greenhouse Coworking Space

Coworking space yang berlokasi di bilangan Kuningan ini menghadirkan ruang kerja yang bertemakan alam dengan suguhan berbagai jenis tanaman di dalam serta luar ruangan. Oleh karena itu, Greenhouse Coworking Space mencanangkan diri sebagai ruang kerja terhijau di Indonesia.

 

Selain ruang untuk bekerja secara independen maupun kelompok, fasilitas yang dimiliki oleh Greenhouse Coworking Space meliputi ruang rapat serta ruang pertemuan dengan kapasitas yang cukup besar. Coworking space ini juga kerap dijadikan sebagai lokasi untuk berkumpul sejumlah komunitas di Jakarta yang melangsungkan agenda mingguan atau bulanan.

 

 

  • GoWork Coworking Space

Berlokasi di kawasan Thamrin, GoWork adalah rekomendasi coworking space di Jakarta lainnya yang bisa menjadi pilihan Anda. Mengusung desain dan tata ruang yang minimalis, coworking space ini cukup diminati oleh anak-anak muda ibu kota.

 

GoWork Coworking Space menawarkan berbagai fasilitas yang bisa Anda gunakan kapan saja selama 24 jam. Beberapa di antaranya adalah jaringan WiFi berkecepatan tinggi, ruang konferensi, loker personal, serta mesin faksimile, printer, dan mesin fotokopi.

 

 

  • Conclave Coworking Space

Berlokasi di Jakarta Selatan, Conclave Coworking Space menawarkan layanan ruang kerja maupun private office dengan fasilitas yang terbilang lengkap, termasuk layanan printing dan kopi atau minuman gratis. Selain itu, Conclave juga memiliki satu ruang auditorium berkapasitas 125 orang yang bisa digunakan sebagai ruang pertemuan atau pergelaran berbagai acara komunitas.

 

Biaya yang ditawarkan oleh Conclave Coworking Space cukup bervariasi, mulai dari Rp50.000 untuk penggunaan ruang kerja selama satu jam, hingga 25 juta rupiah untuk penyewaan private office dalam jangka waktu setahun.

 

Demikian ulasan mengenai beberapa hal penting tentang coworking space yang harus Anda ketahui. Dengan berbagai fasilitas serta keuntungan yang ditawarkannya, coworking space pantas dijadikan sebagai tempat alternatif untuk bekerja dan membangun jaringan bersama komunitas maupun perusahaan lain. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat dan menjadi panduan bagi Anda yang hendak menggunakan coworking space sebagai lokasi utama untuk bekerja.

 

UNIQORN dapat membantu dan memfasilitasi perkembangan bisnis Anda. UNIQORN juga menawarkan tempat untuk bekerja, berinteraksi, berkolaborasi, dan mengembangkan bisnis Anda. Untuk mengetahui lebih banyak tentang UNIQORN coworking space Anda dapat hubungi  +62 819 1100 7102 atau email halo@uniqorn.co.id