Kembangkan bisnis Anda secara efektif dan cepat dengan menerapkan tips networking berikut ini.

Anda ingin mengembangkan bisnis dengan cepat? Mulai sekarang, cobalah untuk membangun networking. Melalui networking, Anda lebih mudah mendapatkan rekan baru, klien, proyek, bahkan investor.

Nah, berikut ini ada 3 tips networking yang bisa diterapkan untuk mendukung perkembangan bisnis Anda.

  1. Susun daftar Target dan Tujuan Anda
  2. Membangun networking bisa dilakukan di berbagai tempat dan acara. Karena itu, Anda harus membuat daftar sasaran individu dan tujuan networking. Pastikan dibuat secara detail dan terarah sehingga dapat dijadikan acuan.

    Jangan lupa, sertakan pula waktu terbaik untuk memperkenalkan bisnis Anda kepada target komunitas. Semisal, komunitas ekspor impor, komunitas trading, dan komunitas pemasaran.

  3. Berani Memulai Percakapan
  4. Komunikasi adalah kemampuan yang harus dikuasai dalam membangun networking. Dengan komunikasi, Anda bisa menyampaikan hal-hal terkait potensi bisnis dan produk kepada calon partner.

    Lalu, bagaimana cara memulai komunikasi yang baik dan benar? Berikut tipsnya.

    • Biarkan diri Anda menjadi pusat perhatian. Morgan Barret—CEO of Sype Team—pernah berkata bahwa, jangan hanya berdiam diri di sudut tempat pesta atau acara. Buatlah diri Anda terlihat oleh semua orang. Cobalah berjalan menuju kerumunan orang. Jika merasa canggung, tarik napas panjang; lalu embuskan perlahan.
    • Tersenyum dan lakukan kontak mata. Ketika orang-orang sudah melihat Anda, mungkin salah satunya akan melemparkan senyum. Jangan ragu untuk membalas senyuman tersebut sambil melakukan kontak mata.
    • Mulai percakapan dengan mengenalkan diri. Anda mungkin mendapatkan lawan bicara yang pemalu atau tak banyak berkata. Jadi, mulailah dengan melemparkan beberapa pertanyaan tentang dirinya. Setelah itu, perkenalkan diri Anda secara formal. Meski terkesan klasik, cara ini mampu memecahkan kekakuan dalam komunikasi.
    • Cari topik pembicaraan yang relevan. Usai saling memperkenalkan diri, percakapan terasa lebih luwes dan nyaman. Dari sini, Anda bisa menentukan topik yang ingin dibicarakan. Namun, upayakan tidak mendominasi pembicaraan. Biarkan lawan bicara menceritakan apa pun sampai selesai; Anda cukup mendengarkan.
    • Sesekali cobalah memberikan pujian atas hal-hal yang disampaikan lawan bicara. Buatlah dia yakin, bahwa Anda tertarik dengan penyampaiannya. Tunjukkan itu melalui pandangan mata dan sikap tubuh.

    • Mengakhiri percakapan dengan baik. Meskipun Anda merasa cocok dengan partner bicara, sebuah percakapan pasti ada akhirnya. Agar lawan bicara tidak tersinggung, akhiri obrolan menggunakan kalimat berkesan. Semisal, Anda mengatakan bahwa sangat senang bertemu si klien dan ingin membuat janji pertemuan selanjutnya.

    Anda juga bisa meminta saran dari lawan bicara di akhir percakapan. Cara ini efektif untuk mengenalkan bisnis secara halus. Jika lawan bicara tertarik, dia pasti tidak segan menghubungi Anda di lain kesempatan.

  5. Tawarkan Sesuatu yang Berbeda
  6. Hal apa pun yang dipandang unik, pasti lebih cepat dikenal oleh banyak orang. Begitu pula dalam membangun networking; calon partner akan mengingat Anda jika memiliki karakter istimewa. Jadi, tunjukkan yang terbaik dari bisnis dan diri Anda.

Ceritakan tentang inovasi, gagasan kreatif, dan ide bisnis yang menurut Anda berbeda dari perusahaan lain. Sampaikan dengan cara terbaik tanpa terkesan sombong atau merendahkan pesaing. Setelah itu, biarkan calon partner memberikan penilaiannya. Jika dia mengkritik, Anda harus lapang dada. Bisa jadi, kritikan tersebut sebagai tanda ketertarikannya.   

Itulah beberapa tips networking yang mudah, praktis, serta bisa dipraktikkan kapan saja di berbagai tempat dan acara. Dalam membangun relasi membutuhkan keberanian dari diri Anda; tanamkan hal itu mulai sekarang; lakukan dan lihat bagaimana hasilnya. Semoga bermanfaat.