Tips Memilih Coworking Space – Apa sih yang harus dipertimbangkan saat Anda memilih Coworking Space untuk bekerja? Terapkan 21 tips ini untuk hasil yang efektif.

Coworking Space pada dasarnya merupakan sebuh tempat untuk bekerja dengan berkolaborasi antar individu yang memiliki latar belakang pekerjaan atau perusahaan yang berbeda. Awalnya Coworking Space yang dirintis pada tahun 2005  di Amerika Serikat ini, bertujuan menyediakan ruang kerja bersama untuk menyasar para pekerja freelance yang bekerja secara mobile.

Dalam perkembangannya Coworking Space juga melebarkan sayap menyediakan fasilitas perkantoran lain agar dapat digunakan oleh perusahaan. Memang tidak dapat dimungkiri, selama beberapa tahun terakhir ini, para pendiri Startup mengalami masalah bujet yang terbatas untuk menyewa kantor. Sebagai pebisnis yang baru saja memulai usahanya, tentu saja mereka tidak memiliki modal yang cukup untuk membeli atau menyewa ruangan kantor sendiri.

Coworking Space ini menyewakan ruangan dan kantor dengan harga yang jauh lebih murah.  Seperti kita ketahui, setiap Coworking Space ini biasanya menyediakan berbagai macam fasilitas perkantoran standar seperti meja kursi, jaringan internet atau wifi, serta ruang rapat dengan fasilitas lengkap.

Nah, kehadiran Coworking Space ini telah menyelesaikan masalah para enterpreneur muda tersebut. Fenomena Coworking Space ini telah berkembang di seluruh dunia karena telah menjadi  solusi bagi para pendiri Startup untuk membuka bisnis mereka. Dari Amerika, kemudian Coworking Space ini menyebar ke negara-negara Eropa dan Asia.

Di Indonesia sendiri hingga kini Coworking Space telah banyak hadir untuk memenuhi kebutuhan para pendiri Startup serta para freelancer. salah satunya adalah Unicorn Coworking Space. Berikut ini penjelasan lebih mendetail tentang Coworking Space berkualitas di Indonesia.

 

 

Uniqorn Coworking Space

21 Tips Memilih Coworking Space yang Nyaman untuk Bekerja

Uniqorn merupakan Coworking Space Jakarta Selatan yang menawarkan media untuk bekerja, berinteraksi, berkolaborasi, belajar, dan mengembangkan bisnis.

 

  • Uniqorn Coworking Space ini hadir sebagai penyedia ruang kerja, yang secara aktif mendukung pertumbuhan ekonomi di Indonesia, dengan memfasilitasi Startup baru.

 

  • Uniqorn Coworking Space ini fokus untuk berkolaborasi dengan para enterpreneur dari industri kreatif, sebagai sektor paling potensial dalam revolusi industri saat ini.

 

  • Uniqorn mengusung slogan “Be Unique and Original” dalam menawarkan jasa sebagai penyedia Coworking Space Jakarta Selatan.

 

  • Uniqorn Coworking Space ini juga mendukung para enterpreneur untuk mengeksplorasi keunikan yang mereka miliki beserta ide orisinilnya, sehingga dapat memperbaiki persaingan dalam bisnis.

 

  • Uniqorn Coworking Space menawarkan berbagai produk demi memenuhi kebutuhan pengguna. Produk ditawarkan bagi individual, corporate, profesional, Startup founder, komunitas, freelancer, dan bagi siapapun yang ingin menggunakan ruang kantornya yang cozy. Harga paket mulai dari Rp55 ribu dengan jam operasional mulai pukul 08.00 setiap hari Senin – Jumat.

 

  • Paket-paket yang ditawarkan meliputi paket individual dengan durasi mulai dari 3 jam, harian, mingguan hingga bulanan. Paket Corporate khusus untuk Startup seharga Rp5,6 juta dan paket Uniqorn  seharga Rp8,4 juta.

 

  • Uniqorn Working Space juga menyediakan paket ruang meeting dengan durasi mulai dari satu jam, empat jam atau setengah hari, dan sehari penuh selama 8 jam.

 

  • Uniqorn Working Space juga menawarkan Event Space Package yang menerapkan konsep private room dan konsep ruang terbuka.

 

  • Uniqorn Working Space ini juga menyediakan paket Virtual Office dengan seri dasar A, B, C dan seri premium A, B, C.

 

  • Uniqorn Working Space Jakarta Selatan ini menawarkan paket Company Establishment mulai dari seri dasar untuk PT dan CV serta seri premium untuk PT dan CV.

 

 

Persyaratan untuk Menyewa Uniqorn Coworking Space Jakarta Selatan

Lalu persyaratan apa saja yang harus dipersiapkan untuk menyewa Uniqorn Coworking Space ini? Berikut ini daftar lengkapnya.

  1. Kartu Indentitas (KTP) dan NPWP direktur atau pendiri perusahaan.
  2. Kartu Keluarga dari direktur atau pendiri perusahaan.
  3. Surat resmi dari Kementerian Hukum dan HAM.
  4. Akte Pendirian Perusahaan dan perubahannya jika ada.
  5. Salah satu dari direktur perusahaan harus memiliki KTP Jakarta.

 

Nah, itulah penjelasan mendetail tentang Uniqorn Coworking Space sebagai salah satu Coworking Space berkualitas di Indonesia.  Dari poin-poin tentang Uniqorn Coworking Space ini terlihat adanya perbedaan Coworking Space ini dengan kantor konvensional yang memberikan banyak manfaat.

 

 

Inilah Beberapa Manfaat dari Penggunaan Coworking Space

  • Coworking Space memungkinkan karyawan dari perusahaan berbeda untuk bekerja di tempat yang sama. Oleh karenanya kolaborasi dan keberagaman menjadi unsur utama yang banyak dicari para pengguna Coworking Space ini.
  • Para pekerja freelance atau komunitas tersebut selain menggunakan Coworking Space, juga ingin berinteraksi dan melakukan brainstorming dengan komunitas lain dari bidang pekerjaan yang berbeda.
  • Selain itu manfaat lain dari Coworking Space ini terkait biaya yang lebih efektif bagi penyewa, hal ini disebabkan mereka hanya membayar saat membutuhkan ruangan kantor saja.
  • Kontrak kerjasama juga tersedia dalam tenggat waktu selama minimal sebulan.
  • Kantor yang ditawarkan fully furnished dan tersedia berbagai fasilitas lengkap.
  • Penyewa pun bisa langsung masuk dan bekerja di hari penandatanganan kontrak.

 

Nah, banyak keuntungan menggunakan Coworking Space ini bukan? Lalu bagaimana cara kita memilih Coworking Space yang nyaman untuk bekerja? Simak yang berikut ini.

 

 

 

Inilah 21 Tips Jitu Memilih Coworking Space yang Nyaman untuk Bekerja

21 Tips Memilih Coworking Space yang Nyaman untuk Bekerja

Berikut ini tips jitu untuk memilih Coworking Space yang efektif bagi Anda.

 

  • Bujet

Tentunya sebelum kita memilih sebuah Coworking Space yang nyaman untuk bekerja, kita harus mengetahui berapa biaya sewanya. Apakah sesuai dengan bujet yang telah kita tentukan sebelumnya? Saat menentukan bujet ini pertimbangkan apakah harga yang ditawarkan sudah termasuk pajak atau apakah sudah termasuk biaya fasilitas penunjang seperti ruang rapat atau Wifi.

 

Bujet menjadi prioritas saat memilih Coworking Space ini karena saat memulai bisnis baru, ada banyak investasi yang kita tanam. Oleh karenanya, kita pasti ingin menekan pengeluaran seminimal mungkin. Jadi kita harus memilih Coworking Space ini sesuai bujet kita.

 

 

  • Lokasi

Lokasi tidak diragukan lagi menjadi hal yang utama dan paling penting saat memiliki sebuah Coworking Space bagi kita. Jika kita bekerja dalam bidang jasa, kita harus memilih lokasi yang sesuai bagi klien kita. Lokasi ini juga harus dapat memberikan kesan yang baik saat kita bertemu dengan prospek atau calon klien pertama kali.

 

Namun, jika pekerjaan kita hampir bisa diselesaikan dari tempat yang jauh dan kita lebih suka bekerja di tempat yang tenang, kita bisa memilih lokasi terdekat dari tempat tinggal.

 

 

  • Aksesibilitas Kantor

Pilihlah Coworking Space yang mudah kita akses dan tidak berada di daerah yang macet, sehingga kita tidak dibuat stres terkait transportasi keseharian. Jika kita bisa datang ke kantor tanpa harus menghadapi kendala di perjalanan, baik itu kemacetan maupun masalah transportasi umum, tentunya berpengaruh positif terhadap produktivitas dan kenyamanan saat bekerja.

 

Selain itu, jika kita berencana untuk memiliki karyawan, lokasi yang mudah diakses juga menjadi pertimbangan penting. Karyawan akan bisa bekerja sesuai potensi jika tidak terlalu lelah dalam perjalanan ke kantor. Oleh karenanya, pilihlah lokasi yang dilalui transportasi umum dan lokasi strategis di pusat kota.

 

 

  • Fasilitas Sesuai Kebutuhan

Coworking Space biasanya akan menyediakan fasilitas dasar seperti akses Wifi, ruang rapat, dapur, ruang untuk beristirahat, dan fasilitas mencetak dokumen. Penting bagi kita untuk masuk ke dalam gedung dan melihat apakah fasilitas yang disediakan sesuai selera kita. Periksa juga jika tempat ini cukup nyaman bagi karyawan termasuk fasilitas meja dan kursi bisa digunakan dengan baik hingga akhir masa sewa. Pertimbangkan juga jika tempat tersebut cukup baik jika ada klien datang.

 

Selain itu sejauh ini bahkan ada beberapa Coworking Space yang bahkan menyediakan fasilitas lain seperti shower untuk mandi, penyimpanan sepeda, atau akses masuk 24 jam selama 7 hari. Jadi sebelum memilih Coworking Space, kita sebaiknya memastikan fasilitas apa yang kita butuhkan sehingga kita dapat bekerja dengan nyaman.

 

 

  • Perlengkapan Penunjang

Sebuah Coworking Space harus memiliki semua perlengkapan penunjang utama yang diharapkan dari tempat kerja. Banyak Coworking Space yang menjanjikan berbagai fasilitas penunjang, tetapi jarang yang meminta feedback dari penggunanya. Hanya perlu diingat bahwa semua perlengkapan penunjang yang disediakan oleh Coworking Space ada biayanya, jadi kita harus memilih ruangan yang tidak mengganggu keseimbangan baik secara ekonomi maupun kelengkapan kerja.

 

Alasan lain untuk mengecek perlengkapan penunjang ini seperti mengetahui apakah mereka memiliki pantry, toilet, dan yang terpenting adalah ruang rapat. Ruang rapat menjadi hal penting sebagai tempat pertemuan dan membangun tim, selain digunakan untuk bertemu dengan klien dan prospek. Jadi cari tahu jika mereka menyediakan fasilitas penunjang tersebut.

 

 

  • Koneksi Internet

Saat ini kita berada di era ketika internet digunakan oleh hampir semua perusahaan.  Dalam bidang apapun kita bergerak, seperti perusahaan software, perusahaan taksi online, hingga bengkel mobil, dalam operasional sehari-hari kita semua membutuhkan internet. Oleh karenanya, sangat penting untuk memastikan jika gedung Coworking Space memiliki koneksi internet yang bagus sekaligus akses mudah dengan internet.

 

 

  • Komunitas Pengguna Coworking Space

Yang wajib dipertanyakan saat kita akan menyewa sebuah Coworking Space adalah siapa para pengguna yang terdaftar di Coworking Space tersebut. Sebuah pusat Coworking Space biasanya dipenuhi oleh pengguna dari berbagai jenis profesi. Nah, para anggota Coworking Space ini lebih bernilai dari sekadar meja, wifi, dan kopi yang enak di situ.

 

Hal ini disebabkan Coworking Space sesungguhnya merupakan kumpulan dari sebuah komunitas. Beberapa Coworking Space mengizinkan anggotanya untuk membuat presentasi, melakukan perkenalan atau tindakan untuk meningkatkan lingkungan coworking. Jadi kita harus memikirkan juga bagaimana budaya perusahaan yang terdaftar dalam Coworking Space tersebut dan estetikanya, karena kita akan bergabung dengan para karyawan dari berbagai perusahaan itu setiap hari.

 

Apalagi dalam tren pertumbuhan seperti saat ini, perusahaan dengan motto dan arah yang sama, saling berbagi ruang kerja agar dapat saling menguntungkan. Bagi seorang freelancer yang sedang mencari peluang networking misalnya, harus memilih Coworking Space yang dihuni oleh para profesional  dari berbagai bidang yang dapat membuka pintu baginya untuk dapat bertemu pekerja lain dengan pemikiran yang sama.

 

 

  • Sistem Keamanan

Sebelum menentukan untuk menggunakan Coworking Space, pastikan tempat tersebut memiliki lingkungan yang aman. Hal ini disebabkan efisiensi dari karyawan akan sangat rendah, jika bekerja di lingkungan dengan keamanan yang kurang baik. Jadi, pastikan penyedia Coworking Space memberikan kita jaminan keamanan tersebut dan jika lokasi kantor ini aman untuk bekerja.

 

 

  • Futuristik dan Siap Berkembang

Saat kita memulai bisnis sendiri ada kemungkinan bisnis ini berkembang sehingga membutuhkan banyak karyawan. Jadi dengan memiliki Coworking Space yang tepercaya dengan ruang kantor yang selalu siap, memungkinkan kita untuk bisa berkembang dengan mudah. Dengan demikian, kita tidak perlu mengatur waktu atau shift dalam bekerja, karena jika demikian kondisi ini bisa membuat waktu bekerja menjadi kurang nyaman.

 

 

  • Event Komunitas

Coworking Space biasanya menyelenggarakan beragam acara bagi anggotanya seperti makan siang antar network, atau sekadar acara temu muka sambil minum teh. Sebelum memutuskan untuk mendaftar menjadi anggota, kita sebaiknya mencari informasi terkait kalender komunitas sosial yang ada, sehingga tahu apa saja yang bisa diharapkan.

 

Selain itu, cek kemungkinan jadwal event dan putuskan apakah kita tertarik atau tidak. Periksa juga kemungkinan kita bisa membuat jadwal event sendiri. Hal ini bisa memberikan manfaat pada kita, karena bisa mendapatkan feedback untuk proyek kita.

 

 

  • Masa Uji Coba

Cara terbaik untuk memastikan bahwa Coworking Space tersebut adalah tempat yang paling tepat bagi kita adalah dengan mencobanya. Jadi sebagai pengguna kita perlu meminta pada penyedia Coworking Space, ada masa uji coba sebelum membuat komitmen jangka panjang. Jika tidak, bisa saja kita memanfaatkan sehari atau seminggu bebas akses yang biasanya diberikan.

 

Masa uji coba ini juga bisa kita manfaatkan untuk mengetahui dan mengenal para penyewa Coworking Space tersebut. Tidak ada yang lebih menyenangkan ika kita bekerja di lingkungan yang menyenangkan dengan orang yang penuh gairah, bukan?

 

 

  • Atmosfer

Setiap Coworking Space memiliki budaya unik tersendiri. Jadi kita sebagai pengguna perlu memahami budaya dan atmosfer kantor yang paling sesuai bagi kita. Apakah kita ingin bekerja di tempat yang tenang atau lebih suka bekerja di tengah-tengah Coworking Space yang sibuk? Carilah tempat kerja yang paling nyaman bagi kita.

 

 

  • Kondisi Kontrak

Sebagai seorang enterpreneur, kita harus membaca kontrak dengan hati-hati sebelum memutuskan menggunakan Coworking Space. Jangan sampai kita nanti mendapati ada batasan atau hambatan dalam kontrak yang membuat kerja menjadi kurang nyaman.

 

Kontrak untuk Coworking Space ini biasanya tidak berbeda satu sama lain, tetapi kita harus mengecek dengan baik jika ada biaya tersembunyi di baliknya. Selain itu, akan lebih baik jika mereka siap untuk memberikan pada kita masa uji coba, sebelum benar-benar komitmen menyewa Coworking Space dalam jangka panjang. Kita akan mendapatkan kesempatan untuk merasakan dan mencoba tempat tersebut secara maksimal.

 

 

  • Kemungkinan untuk Berkembang

Biasanya agak sulit bagi kita untuk berkembang jika kita bekerja di Coworking Space yang kecil. Inilah yang menjadi alasan bagi banyak perusahaan untuk memilih jaringan coworking yang luas. Jadi kita harus mencari beberapa zona kerja yang cukup menawarkan ruang yang memungkinkan kita dan perusahaan tumbuh dan berkembang.

 

 

  • Lingkungan Produktif

Saat memilih sebuah Coworking Space, kita tidak saja memikirkan sebuah ruang kantor, melainkan kita ingin bisa bekerja lebih produktif. Kita harus merasakan atmosfer dalam Coworking Space tersebut dan tempat ini harus mampu mendorong Anda untuk ingin datang dan bekerja di sana dengan semangat.

 

Lingkungan kerja bukan sekadar meja kita saja, pertimbangkan kantor yang dapat memberikan kebutuhan untuk dapat bekerja dengan produktif seperti ruang rapat, dapur, tempat kopi, meja resepsionis, ruang untuk bersantai, dan zona bebas kerja. Semua itu ada biayanya, jadi kita harus memilih dengan bertanggungjawab.

 

 

  • Fleksibilitas

Sebagai freelancer ataupun karyawan perusahaan yang menyukai kemudahan, pastinya lebih seru jika kita bisa mendapatkan Coworking Space yang fleksibel. Dalam arti bisa saja Coworking Space ini menawarkan akses ke lokasi yang berbeda dalam sehari. Jadi keanggotaan yang kita miliki bisa kita gunakan untuk menggunakan lokasi coworking di tempat lain bahkan di kota lain. Jika memang demikian, tentu kita bisa lebih nyaman bekerja dengan lokasi yang fleksibel.

 

  • Manajemen Coworking

Tidak sulit untuk memahami cara kerja manajemen dari sebuah Coworking Space. Luangkan waktu kita untuk membaca review online. Jika kita melihat ada beberapa keluhan terkait kebersihan ruang kantor, ventilasi atau AC yang kurang berfungsi dengan baik misalnya, kita harus bersiap menghadapi masalah tersebut nantinya jika jadi menggunakan Coworking Space tersebut.

 

 

  • Desain

Kerja sama tidak bisa terjadi dengan mudah dalam ruangan kubikasi sebuah Coworking Space. Jadi ruang kantor terbaik untuk bekerja bersama adalah Coworking Space yang dibangun untuk berkolaborasi.  Kita harus memilih ruangan terbuka yang paling modern  dan trendi dibandingkan kantor yang konvensional.

 

Ini disebabkan kita akan banyak menghabiskan waktu di tempat Coworking Space ini, jadi sangat penting bagi kita untuk dapat merasakan seolah kita bekerja di rumah sendiri atau merasa nyaman.

 

 

  • Fungsionalitas dan Versatilitas

Tidak perlu dijelaskan lagi bahwa ruangan kantor harus fungsional dan versatile, bisa menjawab semua kebutuhan kita. Ini termasuk jika kita mencari tempat tenang untuk bekerja tanpa keramaian atau jika kita membutuhkan ruang konferensi yang berbeda 180 derajat. Jadi pastikan untuk meneliti  ruang kantor dengan baik.

 

Idealnya, ruang kantor akan menyediakan perlengkapan lebih, tidak hanya untuk bekerja, melainkan lebih dari itu. Dapur, ruang untuk bersantai, bahkan ruang fitnes dan zona bebas tempat kita bisa bertemu dengan kolega dan berbincang-bincang. Jadi jangan lupa untuk mencatat fungsionalitas ini dalam daftar prioritas kita.

 

 

  • Kualitas

Kualitas juga tidak boleh kita lupakan sebagai pertimbangan penting saat memilih Coworking Space. Jika harganya murah, biasanya jarang sebuah Coworking Space menawarkan kualitas yang terbaik. Selain itu kita tidak bisa mengharapkan ergonomi yang berkualitas serta fully furnished.  Jadi pastikan kita bisa mengeceknya dengan baik untuk kenyamanan kita saat bekerja.

 

Pasalnya ada Coworking Space berkualitas tinggi juga belum tentu cocok untuk beberapa bidang usaha. Hal ini disebabkan ada bisnis tertentu yang cocok dengan coworking kualitas rendah. Jadi kenali dengan baik kebutuhan kita. Return on Investment atau ROI untuk membayar kualitas yang tepat memang tidak dapat diukur tetapi tidak dapat kita abaikan juga.

 

 

  • Biaya Tersembunyi

Pastikan untuk menanyakan jika ada biaya tersembunyi atau hidden cost yang akan muncul jika kita menggunakan fasilitas tertentu. Fasilitas ini meliputi penggunaan printer dan pencetakan dokumen, ruang meeting, dapur, hingga mesin kopi. Dengan demikian, kita mengetahui aturan pembayaran dengan lebih jelas sehingga kita dapat bekerja dengan perasaan lebih nyaman.

 

Nah, itulah 21 tips untuk memilih Coworking Space agar Anda bisa bekerja lebih nyaman. Jangan lupa, pertimbangkan feeling juga saat melihat ruang Coworking Space untuk pertama kali. Mungkin saran penutup ini terasa agak emosional, tetapi jika kita memiliki perasaan yang positif saat pertama melihat ruang kantornya, kita bisa langsung merasakannya. Dan Coworking Space seperti inilah yang seharusnya bisa menjadi tempat yang  nyaman bagi  kita untuk bekerja. Semoga bermanfaat.

 

Baca juga: Keuntungan yang anda dapat jika bekerja di coworking space 

UNIQORN dapat membantu dan memfasilitasi perkembangan bisnis Anda. UNIQORN juga menawarkan tempat untuk bekerja, berinteraksi, berkolaborasi, dan mengembangkan bisnis Anda. Untuk mengetahui lebih banyak tentang UNIQORN coworking space Anda dapat hubungi  +62 819 1100 7102 atau email halo@uniqorn.co.id